Salin Artikel

Lapas di Bali Kelebihan Penghuni: Daya Tampung 1.518 Tahanan, Diisi 3.589 Orang

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com, daya tampung lapas hingga LPKA itu sebanyak 1.518 orang. Namun, total penghuni mencapai 3.589 orang.

Mereka terdiri dari 2.896 narapidana dan 693 tahanan.

"Overkapasitas 136 persen," kata Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan persnya, Kamis (9/9/2021).

Jamaruli tak menjelaskan lebih detail terkait langkah apa yang akan dilakukan untuk mengurai kelebihan penghuni di sejumlah lapas itu.

Namun, ia mengaku telah mengedarkan surat ke seluruh lapas di Bali untuk rutin mengelar simulasi dan mengecek potensi bencana di dalam lapas.

Ia meminta seluruh perangkat lapas yang telah rusak dan berisiko memicu bencana untuk diperbaiki atau diganti.

Sejumlah lapas juga mengecek kembali instalansi listrik yang ada.

"Kami sudah mengingatkan terutama lapas yang isinya cukup banyak, overkapasitas, perlu kami tegaskan bahwa semua baik lapas maupun rutan dan bapas yang berada di lapas dan OPD imigrasi agar memastikan jaringan listrik tetap aman," tuturnya.


Jamaruli juga mendorong untuk segera dilakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan. Tak hanya di Lapas Kelas II-A Kerobokan, semua lapas, rutan, dan bapas, kata dia, juga bergerak begitu mendengar kejadian kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang.

"Memang musibah kurang tepat (dijadikan contoh) tapi harus kita ambil pelajaran sehingga tidak terjadi di wilayah Kanwil Kemenkumham Bali hal serupa," kata dia.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Kebakaran itu menyebabkan 41 narapidana (napi) tewas, 8 napi luka berat, dan 72 orang lainnya luka ringan.

Polisi menduga kebakaran itu disebabkan hubungan pendek arus listrik alias korsleting dan ada dugaan terjadi tindak pidana.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Rika Aprianti menyatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Kebakaran terjadi di Blok C2.

"Kebakarannya terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Kebakaran bermula dari Blok C Lapas Kelas I Tangerang," kata Rika, Rabu.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/09/134612478/lapas-di-bali-kelebihan-penghuni-daya-tampung-1518-tahanan-diisi-3589-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke