Salin Artikel

Buntut Kebakaran Lapas Tangerang, Lapas dan Rutan di Jawa Timur Di-sweeping

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menginstruksikan para kepala lapas dan kepala rutan di Jatim menggelar sweeping sel, Rabu (8/9/2021).

Sweeping untuk menggeledah barang-barang berbahaya yang disimpan warga binaan di dalam sel yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

"Kami instruksikan sweeping digelar rutin setiap pekan," kata Krismono melalui keterangan tertulis, Rabu sore.

Menuut dia, pada aksi sweeping sebelumnya, petugas menemukan beragam barang terlarang dan berbahaya, seperti korek api, benda tajam, dan ponsel.

"Ada juga alat kreasi warga binaan berupa alat pemanas air berupa gelas yang diisi air lalu diberi garpu yang disambungkan dengan kabel yang dialiri listrik sehingga menghasilkan panas. Ini sangat berbahaya," terang dia.

Alat-alat tersebut selain berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban lapas dan rutan, juga bisa memicu korsleting dan mengakibatkan kebakaran.

Seperti diberitakan, kebakaran menghanguskan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Sebanyak 41 orang meninggal akibat kebakaran tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran mengatakan, korban yang meninggal dievakuasi ke dua RS yang berbeda di Kota Tangerang, yakni RSUD Kabupaten Tangerang dan RSUP Sitanala.


"Kemudian, yang luka berat ada delapan orang. Kemudian, yang luka ringan ada 72 orang. Itu dirawat di poliklinik lapas," kata Fadil.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly memberikan penjelasan mengenai kronologi kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Yasonna mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 1.45 WIB.

"Terjadi kebakaran pukul 01.45 WIB, petugas pengawas melihat dari atas. Pengawas melihat kondisi itu terjadi api, langsung menelepon kepala pengamanan di sini," ujar Yasonna.

Yasonna mengatakan, bangunan Lapas Tangerang yang terbakar itu berada di Blok C 2 yang dihuni 2.072 orang.

Ia menuturkan, Blok C 2 tersebut berbentuk paviliun yang kamar-kamarnya terkunci.

Yasonna mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang adalah persoalan instalasi listrik.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/165415078/buntut-kebakaran-lapas-tangerang-lapas-dan-rutan-di-jawa-timur-di-sweeping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke