Salin Artikel

Jelang Kedatangan Jokowi, Aparat Kelurahan Tergesa-gesa Hapus Mural Bernada Kritik pada Pemerintah

Pengecatan dilakukan secara terburu-buru oleh tiga orang berseragam krem pada Selasa (7/8/2021), sekitar pukul 09.30 WIB.

Mereka mengecat tembok yang berlokasi sekitar 500 meter dari kompleks Makam Bung Karno yang akan dikunjungi Jokowi siang ini.

Tembok sepanjang sekitar enam meter dan tinggi sekitar dua meter itu semula berisi mural dan coretan bernada kritikan kepada pemerintah.

Namun dalam waktu sekitar satu jam, tembok itu telah berubah wajah menjadi warna merah polos.

Sebelum aparat kelurahan itu menutup seluruh tembok dengan cat merah, sebuah tulisan pada tembok itu sempat terbaca oleh masyarakat sekitar, yaitu "Kritik Dibungkam".

Diklaim tak ada hubungan dengan kunjungan Jokowi

Lurah Kepanjenkidul Dedik Setyawan mengatakan, penghapusan mural dan coretan pada tembok itu tidak berhubungan dengan rencana kunjungan Jokowi ke Makam Bung Karno.

Dedik mengatakan pihaknya memang sudah berencana menghapus mural di tembok tersebut.

"Kebetulan saja berbarengan dengan rencana kunjungan Pak Jokowi, karena muralnya memang sudah ada sejak beberapa hari lalu. Tapi kalau tulisan-tulisannya baru kemarin atau tadi malam," ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa.

Menurutnya, petugas memang mempercepat pengecatan setelah mendengar kabar kedatangan Jokowi.

"Kita mengantisipasi kedatangan Beliau Bapak Presiden juga (agar) nyaman di Kota Blitar ini," tambahnya.

Menurutnya, mural dan coretan itu berisi kata-kata yang tidak pantas dan tidak bertanggung jawab.

Dia juga membenarkan bahwa mural dan coretan itu berisi kritikan kepada pemerintah.

"Isinya, pokonya tidak pantaslah. Salah satunya kritikan yang tidak bertanggung jawab. Cuma kritik yang tidak bertanggung, jawab gitu aja," tambah Dedik.

Dedik juga mengaku tidak tahu siapa pembuat mural dan coretan di tembok yang jika tidak dihapus akan sangat nampak jelas oleh rombongan Presiden saat melintas menuju kompleks Makam Bung Karno itu.

"Siapa yang menulis kita tidak tahu, makanya kritikan-kritikan itu sudah ada wadahnya," ujarnya.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Kota Blitar antara pukul 14.00-15.00 WIB setelah melakukan kunjungan di Kabupaten Ponorogo.

Di Kota Blitar, Jokowi dijadwalkan berziarah ke Makam Bung Karno dan menyaksikan vaksinasi di lokasi yang tidak jauh dari Makam Bung Karno.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/07/121248778/jelang-kedatangan-jokowi-aparat-kelurahan-tergesa-gesa-hapus-mural-bernada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke