Salin Artikel

Akses Masuk Kawasan Bromo Hanya Lewat Pasuruan, 3 Lokasi Ini Boleh Dikunjungi Wisatawan

MALANG, KOMPAS.com - Aktivitas wisata di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dibuka lagi secara parsial menyusul turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sesuai surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Balai Besar TNBTS, pembukaan tempat wisata itu berlaku mulai hari ini, Senin (6/9/2021)  mengacu pada Instruksi Mendagri Nomor 38 Tahun 2021 dan Surat Edaran dari Satgas Covid-19 setempat.

Lokasi wisata yang dibuka hanya yang ada di daerah Kabupaten Pasuruan sehingga akses menuju kawasan tersebut hanya dibuka untuk akses dari Pasuruan.

Sementara untuk akses yang masuk daerah Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Lumajang masih ditutup. 

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, di antara daerah yang menjadi penyangga Kawasan TNBTS, hanya Kabupaten Pasuruan yang masuk PPKM level 2 dan tempat wisata boleh dibuka.

"Karena sesuai surat dari Gugus Tugas Covid-19, hanya Kabupaten Pasuruan masuk level 2 dan rekomendasinya untuk level 2 wisata diperkenankan dengan kuota 25 persen," kata Sarif melalui keterangan tertulis, Senin.

Dengan begitu, lokasi wisata yang boleh dikunjungi hanya ada tiga yakni Penanjakan dengan kapasitas 222 orang, Bukit Kedaluh dengan 107 orang, dan Bukit Cinta dengan kapasitas 31 orang.

Di lokasi itu, wisatawan hanya bisa melihat lanskap Gunung Bromo dari ketinggian. Wisatawan tidak bisa mendekat ke gunung tersebut karena masih tertutup untuk aktivitas wisata.

Wisatawan harus memenuhi syarat protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya harus sudah disuntik vaksin dengan cara scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

"Untuk memudahkan, pengunjung diminta menggunakan aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Untuk memastikan tidak ada wisatawan yang masuk ke spot lainnya, pihaknya tetap menyiagakan petugas di lapangan untuk berjaga.

"Di tiket tertera pintu masuk Pasuruan. Kemudian juga petugas berjaga di pintu masuk 24 jam untuk memastikan tidak ada kunjungan selain pintu masuk Pasuruan sesuai perintah dan kebijakan di pengumuman tersebut," katanya.

Kawasan TNBTS diketahui ditutup total sejak penerapan PPKM di Jawa dan Bali yang berlaku sejak 3 Juli 2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/205049378/akses-masuk-kawasan-bromo-hanya-lewat-pasuruan-3-lokasi-ini-boleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke