Salin Artikel

KUA di Solo Buka Layanan Biro Jodoh, Mahar hingga Nikah Semua Gratis, Tertarik?

SOLO, KOMPAS.com - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah meluncurkan layanan jasa biro jodoh melalui program "Jadikan Aku Halalmu".

Program ini dapat diakses melalui website resmi Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta http://kotasurakarta.kemenag.go.id.

Kepala KUA Jebres Arba'in Basyar mengatakan, "Jadikan Aku Halalmu" merupakan program inovasi layanan baru KUA Jebres di tengah pandemi Covid-19.

Program diluncurkan sekitar sebulan lalu untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam menemukan jodohnya.

"Program Jadikan Aku Halalmu ini berangkat dari kondisi Covid-19. Jadi masyarakat tidak intensif. Kemudian banyak orang sibuk, banyak orang kerja sampai mereka lupa memikirkan jodohnya. Sehingga mengalami keterlambatan pernikahan," kata Arba'in ditemui di KUA Jebres, Solo, Senin (6/9/2021).

Karena itu, lanjut Arba'in KUA Jebres ingin memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki pasangan hidup atau masih 'jomblo' lewat "Jadikan Aku Halalmu".

"Bagi rekan-rekan kita yang masih jomblo monggo kita ta'arufkan (perkenalkan). Mudah-mudahan dengan perkenalan itu bisa cocok. Tentunya nanti ada kriteria-kriteria yang disampaikan," kata Arba'in.

Pihaknya mengatakan, sudah menyiapkan tim yang siap untuk mempertemukan para pencari jodoh (pasangan).

"Pertemuan ini harus ada timnya. Kita punya tim "Jadikan Aku Halalmu" dan nanti kita taarufkan. Kalau cocok alhamdulillah. Kalau ndak misal kurang ini kita carikan yang lain," tambah dia.

Arba'in juga mengatakan telah mempersiapkan dari pra, pelaksanaan hingga pasca taaruf bagi pendaftar program Jadikan Aku Halalmu.

Menurut dia, pra yang dimaksudkan adalah KUA Jebres akan memberikan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin sebelum pernikahan.

Dalam pelaksanaan, lanjut Arba'in, untuk biaya pernikahan semua digratiskan. Bahkan, maskawin berupa seperangkat alat shalat sudah disiapkan dari KUA Jebres.

"Setelah cocok kita nikahkan. Intinya dengan berbagai syarat. Dan kalau jadi, nikahnya gratis kita siapkan mas kawin seperangkat alat shalat. Jadi semuanya free," terang dia.

Arba'in melanjutkan setelah pernikahan KUA Jebres akan memberikan pengetahuan dan konsultasi bagi pengantin. Baik pemahaman dari sisi agama maupun yang lainnya.

"Kita akan memberikan pengetahuan dan konsultasi. Mungkin mempelai tersebut kurang bisa memahami agama kita beri pemahaman agama, privat boleh, ke sini boleh. Ini juga free," tutur dia.

Program ini sangat diminati oleh masyarakat. Meski baru sekitar sebulan diluncurkan, kata Arba'in sudah ada sebanyak 174 pendaftar. Baik dari dalam maupun luar Solo.

"Responnya sangat bagus. Sampai sekarang sudah ada 174 pendaftar," jelas Arba'in.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/135637478/kua-di-solo-buka-layanan-biro-jodoh-mahar-hingga-nikah-semua-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke