Salin Artikel

95 Persen Nakes di Maluku Sudah Divaksin, Satgas Covid-19: Mereka Harus Jadi Teladan Masyarakat

Sebelumnya, berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tercatat 12 persen tenaga kesehatan yang belum divaksin hingga 1 September 2021.

Data tersebut, membuat Maluku sebagai salah satu daerah dengan tingkat capaian vaksinasi tenaga kesehatan paling rendah di Indonesia.

“Sampai saat ini sudah 95 persen nakes yang telah mengikuti vaksinasi, jadi sudah hampir 100 persen,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Maluku, dr Doni Rerung kepada Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, sebanyak 14.769 tenaga kesehatan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Doni mengakui, geografis Maluku yang merupakan wilayah kepulauan menjadi salah satu faktor lambatnya vaksinasi tenaga kesehatan di Maluku.

“Dari lima persen yang belum vaksin itu mungkin karena mereka berada di wilayah terpencil dan pulau-pulau terluar yang terbatas akses, dan mungkin juga ada yang takut vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu, Doni menduga ada sejumlah tenaga kesehatan yang tak disuntik vaksin karena alasan medis, seperti memiliki penyakit bawaan.

“Jadi bisa begitu ada yang sakit dan mungkin juga ada penyakit bawaan,” ujarnya.

Doni memastikan, vaksinasi tenaga kesehatan di Maluku akan mencapai 100 persen dalam waktu dekat.

Doni pun mengimbau tenaga kesehatan yang belum disuntik vaksin agar mengikuti vaksinasi. Tenaga kesehatan, kata dia, harus menjadi telada bagi masyarakat.

“Mereka (nakes) harus menjadi teladan bagi masyarakat, kalau mereka ikut vaksinasi itu dengan sendirinya akan memengaruhi masyarakat, jadi harus menjadi teladan. Kami berharap mereka yang belum vaksinasi segera vaksinsai,” jelas Doni.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/071117678/95-persen-nakes-di-maluku-sudah-divaksin-satgas-covid-19-mereka-harus-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke