Salin Artikel

Ganjil Genap di Puncak Bogor, 2.320 Kendaraan Diminta Putar Balik

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 2.320 kendaraan diputar balik selama dua hari penerapan uji coba ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat.

Adapun jumlah tersebut mencakup kendaraan pribadi seperti roda empat dan kendaraan sepeda motor.

"2.320 ini data dari hari Jumat dan Sabtu. Ribuan kendaraan ini diputar balik karena tidak sesuai aturan ganjil genap," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor Agus Ridho di lokasi, Minggu (5/9/2021).

Agus menyebutkan, pengendara yang diputar balik, paling banyak terjadi pada hari kedua penerapan uji coba ganjil genap yaitu sebanyak 1.711 kendaraan.

"Hari pertama (Jumat) itu jumlah kendaraan yang diputar balik hanya 609. Nah di hari kedua (Sabtu) itu paling banyak (1.711)," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pada hari ketiga atau Minggu (5/9/2021) ini uji coba ganjil genap terpantau cukup landai, tidak seramai hari sebelumnya.

Sistem ganjil genap ini dinilai cukup efektif menekan volume kendaraan atau mobilitas wisatawan yang mengarah ke kawasan Puncak.

"Kalau kita melihat hari ini (Minggu) tanggal ganjil itu cukup landai ya. Terlihat dari arah tol juga situasinya begitu. Artinya ini menandakan masyarakat sudah tersosialisasikan dengan baik. Wisatawan yang mau ke kawasan wisata pun sudah cukup paham," ungkapnya.

"Tapi untuk pengawasan juga tetap kita lakukan sampai perbatasan Cianjur dan daerah gunung mas kebun teh untuk mengantisipasi kerumunan wisatawan yang masuk ke area kebun teh," sambung dia.

Agus berharap, dengan adanya kebijakan ganjil genap di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 ini bisa mengurai kemacetan.

Selain itu, uji coba ganjil genap ini untuk menekan penyebaran Covid-19 sehingga PPKM di Kabupaten Bogor bisa turun ke level 2.

"Kita harapkan ketaatan dan kepatuhan masyarakat juga untuk mengikuti prokes ketat, dengan itu bisa kita capai level 2-nya," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/05/130348978/ganjil-genap-di-puncak-bogor-2320-kendaraan-diminta-putar-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke