Salin Artikel

54 Relawan Covid-19 Banyuwangi Langsung Bekerja, 3.200 Warga Divaksin dalam 5 Jam

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, 54 relawan yang baru bergabung langsung bekerja setelah dua hari mengikuti pelatihan.

"Mereka langsung gerak, bahu membahu dengan nakes, TNI, Polri, dan berbagai elemen masyarakat lainnya," kata Ipuk di Banyuwangi, Jumat (3/9/2021).

Tugas relawan membantu penguatan tes dan pelacakan (tracing) serta percepatan vaksinasi. Mereka bekerja secara mobile membantu puskemas dan fasilitas kesehatan yang membutuhkan tenaga. 

“Kami yakin vaksinasi serta testing dan tracing akan semakin meningkat," kata dia.

Ia menyebut, data dari Dinas Kesehatan vaksinasi Banyuwangi tertinggi kedua di Jawa Timur.

"Tanggal 2 September kemarin dalam sehari 16.000 dosis disuntikkan ke warga Banyuwangi,” kata Ipuk.

Per 2 September, berdasarkan data Dinkes Banyuwangi, lebih dari 570.000 warga Banyuwangi telah mendapat suntikan dosis satu atau setara 42 persen dari target sasaran 1,34 juta jiwa.

Capaian persentase vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur.

“Insya Allah dengan tambahan relawan, vaksinasi bisa semakin ditingkatkan, seiring kita terus koordinasi untuk mendapatkan tambahan alokasi vaksin dari pemerintah pusat dan provinsi,” ujar Ipuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono menjelaskan, para relawan ditugaskan melakukan vaksinasi di SMAN Pesanggaran dan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung.

Sebanyak 54 relawan tersebut dibagi menjadi 10 tim yang beranggotakan lima sampai enam orang. Para relawan disebar di dua lokasi tersebut.

“Di Pesanggaran dengan sasaran 1.200 remaja kami terjunkan empat tim relawan, sementara yang di Ponpes Blokagung sasarannya 2.000 orang kami siapkan enam tim relawan. Mereka membantu nakes dari Puskesmas dan Polri,” kata Rio, panggilan akrab Widji Lestariono.


Pelaksanaan vaksin berlangsung relatif cepat. Tidak sampai lima jam, ribuan warga tersebut telah disuntik vaksin Covid-19.

"Karena dibantu tim relawan, pelaksanaan vaksinasi lebih cepat," kata Rio.

Selain mempercepat vaksinasi, para relawan sangat membantu pekerjaan tenaga kesehatan. Sehingga, jadwal vaksinasi Covid-19 yang telah ditetapkan puskesmas tidak terganggu.

"Jadi, jadwal vaskin di luar puskemas bisa di-handle oleh tim relawan," kata Rio. 

Rio menjelaskan, para relawan itu akan bergerak sesuai penugasan. Para relawan juga membantu vaksinasi puskesmas yang digelar di balai desa atau tempat publik lainnya.

"Terutama di kawasan yang cakupan vaksinnya rendah. Selain itu juga membantu pelaksanaan tracing dan testing yang dilakukan Puskesmas," kata Rio.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/03/232950978/54-relawan-covid-19-banyuwangi-langsung-bekerja-3200-warga-divaksin-dalam-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke