Salin Artikel

Terdampak PPKM Level 4, Pedagang di Pasar Horas Dapat Bantuan dari Pemkot Pematangsiantar

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp 300.000 kepada 1.434 pedagang usaha mikro dan kecil di pasar tradisional Pasar Horas jaya.

Penyaluran bantuan ini dilaksanakan selama dua hari bertempat di gedung III lantai 4 Pasar Horas Jaya, Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat Jumat (3/9/2021).

Wali kota Pematangsiantar Hefriansyah mengatakan, sebelumnya Pemkot telah memberikan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada warga yang terdampak akibat PPKM Level 4 di Pematangsiantar.

Kali ini giliran pedagang mikro kecil yang terdampak pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akibat pandemi Covid-19.

Hefriansyah mengatakan bantuan tersebut sebelumnya telah dipersiapkan. Namun tentu harus dirundingkan bersama pihak-pihak terkait.

"Setelah clear semuanya, baik pendataan yang sudah bagus dan dari pihak perbankan sudah siap, Alhamdulillah hari ini kita distribusikan BLT kepada pedagang. Kebetulan dibagikan di hari Jumat yang baik pula," katanya.

Ia berharap melalui BLT yang disalurkan dapat meringankan beban para pedagang, misalnya untuk memenuhi kebutuhan membeli sembako.

"Saya juga mengingatkan kepada para pedagang agar selalu menerapkan protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker saat berjualan, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," katanya.

Dihubungi terpisah, Direktur SDM Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Imran Simanjuntak mengatakan, adapun kriteria pedagang penerima BLT adalah penduduk yang berdomisili di Kota Pematangsiantar.

Pedagang penerima BLT itu merupakan pedagang kaki lima yang memiliki surat keterangan berdagang yang dikeluarkan oleh PD PHJ.

"Pembagian BLT dilaksanakan selama dua hari," ujarnya.


Meminta akses jalan dibuka

Sebelumnya, puluhan pedagang sempat protes meminta penyekatan akses jalan ke Pasar Horas Jaya untuk dibuka.

Massa berunjuk rasa di depan gedung Pasar Horas Jaya, di Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, Rabu (1/9/2021).

Koordinator aksi, Jhon Sitio mengatakan, para pedagang di pasar Horas Jaya mengeluh selama PPKM Level 4 penyekatan jalan ke pasar tersebut ditutup.

Akibatnya, dagangan para pedagang mulai dari sayur-mayur hingga pakaian tak laku karena pembeli yang datang kian berkurang.

Keluhan pedagang semakin memuncak saat PPKM Level 4 di Pematangsiantar diperpanjang dari 24 Agustus sampai 6 September 2021.

Ketua Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) Kota Pematangsiantar Nobel Marpaung menambahkan, penyekatan jalan itu justru mengakibatkan ketimpangan di dua pasar tradisional, yakni Pasar Horas Jaya dan Pasar Dwikora di Kecamatan Siantar Utara.

Nobel mengatakan, pembeli yang seharusnya datang ke Pasar Horas akhirnya beralih ke Pasar Dwikora karena lokasi pasar tradisional itu tidak dilakukan penyekatan.

"Kami juga meminta agar pemerintah memperhatikan pedagang, mulai vaksinasi dan bantuan sosial karena selama PPKM ini jualan pedagang tak pernah laku," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/03/212804778/terdampak-ppkm-level-4-pedagang-di-pasar-horas-dapat-bantuan-dari-pemkot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke