Salin Artikel

Stok Vaksin Sinopharm Kedaluwarsa Oktober, Vaksinasi Penyandang Disabilitas di Bali Dipercepat

BALI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali gencar melakukan vaksinasi Covid-19 untuk penyandang disabilitas.

Menggunakan jenis vaksin Sinopharm, program vaksinasi untuk penyandang disabilitas tersebut ditargetkan selesai akhir September 2021 untuk dosis kedua.

"Pogram vaksinasi ini harus bisa selesai pada akhir September 2021, karena vaksin Sinopharm akan kedaluwarsa pada bulan Oktober 2021," kata Gubernur Bali Wayan Koster dalam keterangan tertulis, Jumat (3/9/2021).

Koster menyebut, penyandang disabilitas adalah kelompok rentan yang harus segera mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19.

Atas dasar itu, ia secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan vaksin Covid-19 untuk penyandang disabilitas di Bali.

"Kita bersyukur mendapatkan vaksin Sinopharm untuk penyandang disabilitas yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Staf Khusus Kepresidenan," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Ketut Suarjaya mengungkapkan, sasaran penyandang disabilitas yang akan divaksinasi Covid-19 di Bali berjumlah 11.324 orang.

Pihaknya terus melakukan berbagai pendekatan agar 11.324 orang tersebut bisa tervaksinasi hingga akhir September 2021 sesuai dengan target Gubernur Koster.

"Sekarang mungkin sudah sekitar 5.000 lebih (yang divaksinasi), tapi kita buat target akhir September semoga bisa kita cover semuanya," tuturnya.

Seluruh stakeholder, lanjut dia, kini tengah bergerak agar target itu bisa tercapai. Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, hingga PKK Provinsi juga turun langsung untuk mengakselerasi target tersebut.

Dengan begitu, Suarjaya meyakini, akhir September nanti 11.324 penyandang disabilitas bisa divaksinasi.

"Makanya kita berjuang ini. Dari bantuan PKK, Pak Gubernur juga atensi, dan kami juga layanan vaksinasi khusus (penyandang disabilitas) di gedung Nari Graha, terus di puskesmas-puskesmas juga bisa di datangi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/03/182221678/stok-vaksin-sinopharm-kedaluwarsa-oktober-vaksinasi-penyandang-disabilitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke