Salin Artikel

Warga di Sleman Jadi Miliarder Usai Terima Ganti Rugi Proyek Tol Yogya-Bawen, Dukuh: Ada Satu Orang Beli 3 Mobil

KOMPAS.com - Warga Dusun Pundong I, II, III, dan IV, Kalurahan (Desa) Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendadak jadi miliarder.

Mereka mendapat uang miliaran rupiah sebagai ganti rugi proyek tol Yogyakarta-Bawen.

Dukuh Pundong III Pekik Basuki menjelaskan, sebanyak 45 bidang tanah warga terdampak pengerjaan proyek jalan tol ini.

"Kalau rumah yang terdampak ada 25 rumah," ucap Pekik, Selasa (31/8/2021).

Kata Pekik, nilai ganti rugi yang diterima tiap warga berlainan. Jumlah ganti rugi tergantung dari lokasi lahan tersebut.

Ia menyebutkan, seorang tetangganya bahkan mendapat Rp 12 miliar.

"Yang besaranya Rp 5 miliar banyak. Ada yang Rp 12 miliar itu tetangga saya, bangunanya banyak, ada kolam renangnya juga," ujarnya.

Pekik menambahkan, nilai yang diberikan tetap di atas harga pasaran. Dia mencontohkan lahan istrinya, yang turut terdampak proyek tol Yogyakarta-Bawen.

"Kalau harga pasar lahan punya istri saya yang 2.400 meter di pinggir jalan aspal itu cuma antara Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta lah per meternya. Tapi dari jalan tol saya hitung Rp 4 juta per meter untuk tanah, nilai bangunanya sendiri," tuturnya.


Pekik mengungkapkan, uang ganti rugi kepada warga Dukuh Pundong III telah cair pada awal Agustus 2021.

“Sudah semua, cuman memang ada yang belum karena proses administrasinya yang kurang lengkap, karena meninggal. Bukan penolakan, tapi soal administrasi," terangnya.

Usai ganti rugi cair, ada warga yang menggunakan uang itu untuk membeli sepeda motor maupun mobil.

"Ada yang satu orang beli mobil tiga sekaligus, ada juga yang beli tanah sama membangun (rumah)," bebernya.

Pekik berujar, pemerintah desa telah memberikan arahan kepada warga supaya uang tersebut dipakai untuk hal yang bermanfaat.

"Kalau dari pemerintah desa memang memberi arahan jangan untuk foya-foya, dan kebetulan memang masyarakat sudah pintar mengelola uang. Kebanyakan digunakan dari tanah kembali ke tanah, untuk beli tanah, membangun rumah dan ada juga yang rencana untuk usaha," paparnya.

Kepada warga yang mendapat ganti rugi proyek tol Yogyakarta-Bawen, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berpesan agar mereka bijak dalam menggunakan uang.

"Tidak ada apa-apa beli mobil, motor atau kebutuhan sekunder lainnya. Asal kebutuhan primer seperti tempat tinggal, usaha itu sudah terpenuhi," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Dony Aprian, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/02/085032578/warga-di-sleman-jadi-miliarder-usai-terima-ganti-rugi-proyek-tol-yogya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke