Salin Artikel

Risma Marah karena Bank Blokir Kartu Penerima Bansos, Ini Kata Dinsos Riau

Saat berkunjung ke Riau, Risma dengan tegas meminta pihak bank agar membuka blokir tersebut.

Terkait persoalan ini, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Riau Tengku Zul Effendi menyebutkan bahwa masalah ini biasa terjadi dalam dunia perbankan.

"Ini kan bisa dalam perbankan, kalau tidak ada transaksi dalam waktu tiga bulan, otomatis terblokir. Seperti itu saja sih sebenarnya. KPM itu juga mungkin tidak melakukan transaksi dalam waktu tiga bulan, itu makanya terblokir (kartunya)," kata Zul kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (31/8/2021).

Meski demikian, menurut Zul, pada saat pertemuan dengan Mensos Risma di Pekanbaru, sudah ada kesepakatan bahwa blokir kartu KPM akan dibuka.

"Tadi kan semua pihak sudah dihadapkan (dengan Mensos), blokir dibuka semua. Jadi tidak ada masalah. Dalam minggu ini sudah clear dan KPM sudah bisa mencairkan uangnya lagi," kata Zul.

Diberitakan sebelumnya, Risma meminta bank penyalur agar segera membuka blokir seluruh kartu Bansos untuk KPM di Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Risma saat melakukan pertemuan bersama pendamping PKH, BPNT, Himbara, bank penyalur dan kepala dinas sosial se-Riau di salah satu hotel di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa.

Risma marah ketika bank memblokir kartu penerima bansos.

"Ini yang blokir pihak bank, Kemensos belum ada melakukan pemblokiran kartu. Kasihan bantuannya belum diambil, saya minta semua blokir dibuka hari ini. Kita buka semua blokir seluruh Riau. Kalau satu-satu susah nanti," kata Risma.


Berdasarkan data yang direkap, setidaknya ada lima kabupaten dan kota di Riau yang menyampaikan laporan bahwa tidak ada transaksi dan tidak terdistribusi bansos tahap I dan II.

Daerah itu yakni, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, dan Kampar.

Totalnya, dari 72.766 KPM di lima daerah tersebut, pada tahap I terdapat 74 KPM tidak terdistribusi dan 202 KPM tidak bertransaksi.

Sedangkan, pada tahap II, terdapat 822 KPM tidak terdistribusi dan 2.662 KPM tidak bertransaksi.

"Ini persoalannya banyak kartu yang belum didistribusikan dan terblokir. Kok bisa belum didistribusikan, di mana kartunya sekarang? Saya minta hari ini juga didistribusikan, yang diblokir segara buka blokirnya. Bapak dosa lho kalau tidak menyalurkan, ini hak orang miskin," kata Risma.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/01/074320178/risma-marah-karena-bank-blokir-kartu-penerima-bansos-ini-kata-dinsos-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke