Salin Artikel

Mengenal Pakaian Adat 3 Suku Besar Imeko di Sorong Selatan

Tiga suku besar dalam satu suku itu disebut Imeko yakni Inanwatan, Metemani dan Kokoda.

Pakaian adat dari suku Imeko mempuyai keunikan tersendiri yakni kain berwarna merah hingga penutup kepala yang dikenal sebagai topi kasuari.

Yakonias Nuride Tokoh Budaya Sanggar Seberai mengatakan, pakaian adat atau kain merah yang disebut Boe tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Adapun, kain berwarna merah memang sudah menjadi penanda khusus bagi Suku Imeko.

"Ada empat bagian yang perlu di kenal sebagai atribut pakian adat suku Imeko. Pertama kain merah (Boe) akan dipakai di sekujur tubuh hingga kain kepala yang disebut topi kasuari," tutur Yakonias.

Dia melanjutkan, bagian kedua adalah kuli bia yang digunakan sebagai kalung dan berada pada bagian depan.

Benda ini biasanya akan digunakan saat perang atau sebagai tanda perdamaian.

Ketiga, kalung atau manik-manik warna-warni. Digunakan mengikat sebagian tubuh dan biasanya dibutuhkan saat menyambut tamu atau acara adat.

"Keempat, musik gambus yang terbuat dari bambu biasanya digunakan pada saat pesta adat atau penyambutan hamba Tuhan. Cara membunyikan bambu ini cukup unik hanya memukul dengan sebuah kayu suara atau bunyi bambu itu akan terdengar nyaring," ujar Yakonias Nuride kepada Kompas.com Selasa ( 31/8/2021).


Arti kain merah pada pakaian adat tiga suku besar Imeko, kata Yakonias, mencerminkan keberanian agar tidak jatuh dalam segala hal yang salah dalam tradisi kain merah tiga suku besar Inanwatan, Metemani dan Kokoda.

Menurut dia, pakaian adat Imeko akan digunakan saat perang antarsuku, selain itu pakaian adat berwarna merah juga dipakai saat pesta adat dan penjemputan tuan -tuan besar dan pernikahan kedua mempelai untuk disatukan dalam ikatan adat.

Dalam pesta adat hingga penjemputan tamu-tamu penting, Suku Imeko biasanya juga menampilkan tarian budaya, yakni tarian kasuari dan Lau -lau serta tarian tumbuk tanah atau yembo.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/01/050000278/mengenal-pakaian-adat-3-suku-besar-imeko-di-sorong-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke