Salin Artikel

Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Puncak Bogor, Ini 7 Lokasi Titik Pemeriksaan Kendaraan pada Akhir Pekan

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh lokasi titik pemeriksaan kendaraan disiapkan oleh Polres Bogor dalam uji coba sistem ganjil genap pada akhir pekan ini di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Nantinya, penerapan itu akan dilakukan sebanyak dua kali akhir pekan dengan mengikuti tanggal pada kalendar.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, penerapan itu berlaku bagi seluruh masyarakat yang yang akan menuju Puncak Bogor.

“Ganjil genap ini berlaku untuk semua masyarakat, baik dari Kabupaten Bogor maupun dari luar (daerah), tapi ada beberapa pengecualian untuk kendaraan damkar, ambulans, angkot, kendaraan tenaga kesehatan, kendaraan dinas, pengangkut logistik dan beberapa kendaraan lainnya,” ujarnya.

Harun menambahkan, penerapan itu nantinya mulai diuji coba akhir pekan ini, Jumat (3/9/2021).

"Nanti akan dilakukan uji coba pelaksanaan ganjil genap setiap weekend, akan kita mulai laksanakan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Nanti sambil kita lihat apa kekurangan dan kelebihannya,” ungkapnya.

Harun menyebutkan tujuh titik pemeriksaan dalam uji coba sistem ganjil genap di Puncak Bogor, meliputi pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di kawasan Sentul, yaitu jalur Belanova serta pintu gerbang Sirkuit Sentul.

"Lokasi check point (pemeriksaan) totalnya ada tujuh titik, sudah termasuk yang di Sentul dua titik," ungkapnya seperti dikutip dari Antara.

Harun menegaskan nantinya setiap kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai dengan angka genap atau ganjil pada tanggal sesuai kalendar akan diputar balik arah.

Selain itu, pengendara masih diwajibkan untuk menunjukkan bukti sertifikat vaksin kepada petugas ketika hendak menuju Puncak Bogor.

"Persyaratan harus sudah vaksinasi tetap kita berlakukan. Melalui aplikasi PeduliLindungi bisa terlihat yang bersangkutan sudah divaksin atau belum. Jadi setelah menyaring dengan (sistem) ganjil genapnya, berikutnya kita saring melalui sertifikat vaksinasi itu," jelas Harun. 

(Penulis: Afdhalul Ikhsan | Antara)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/235400378/uji-coba-sistem-ganjil-genap-di-puncak-bogor-ini-7-lokasi-titik-pemeriksaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke