Salin Artikel

Korban Bencana Longsor di Kabanjahe Sumut Dapat Bantuan dari Kemensos

KARO,KOMPAS.com - Puluhan warga di Dusun Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe pada beberapa waktu lalu sempat terdampak bencana tanah longsor yang saat itu terjadi Kamis (26/8/2021).

Adapun Kementerian Sosial (Kemensos), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, menyalurkan bantuan bagi warga yang menjadi korban bencana tanah longsor yang dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Selasa (31/8/2021).

Salah satu korban bencana yang selamat dan mendapat bantuan, Edi Simbolon, menceritakan ia dan keluarganya harus tinggal sementara di rumah sanak saudara yang ada di Kecamatan Kabanjahe setelah bencana terjadinya.

Edi juga kehilangan dua keluarganya saat adanya bencana itu, yakni Ibu kandung, dan keponakan laki-lakinya yang kini telah dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Salid, Kecamatan Kabanjahe.

"Mamakku sama anak kakaku yang meninggal kemarin bang, aku selamat karena posisiku di ruang tamu", ucapnya sambil mengenang keluarganya kepada Kompas.com, Selasa.

Ia dan para korban lainnya pun merasa berterima kasih karena masih ada bantuan dan perhatian dari pemerintah setelah terjadinya bencana di wilayah tempat tinggalnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, karena di suasana kami berduka seperti ini, masih ada perhatian dan bantuan dari pemerintah. Walau tidak dapat kembalikan keluarga kami yang hilang, kami (merasa) terima kasih bang", ucapnya bercerita.


Perwakilan Pemprov Sumatera Utara Manna Wasalwa Lubis mengungkapkan, selaku pemerintah pihaknya tentunya sangat merasa prihatin atas kejadian ini.

Ia mengatakan, untuk meringankan beban dari para korban Pemprov hadir dengan memberikan santunan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Adapun dari Kemensos yang diwakili Pemprov menyalurkan santunan berupa biaya sebesar Rp 15 juta untuk korban yang meninggal kepada keluarga pada peristiwa itu.

Selain itu untuk korban yang selamat dan mengalami luka, pihaknya menyalurkan santunan sebesar Rp 5 juta rupiah.

"Atas kejadian ini kita melaporkan kepada Kementerian Sosial, dan bekerja sama menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana longsor di Kabupaten Karo," ujar Manna.

Manna menjelaskan, selain berupa uang tunai, Pemprov juga menyalurkan bantuan dari Kemensos, juga bantuan berupa logistik, seperti peralatan tidur dan peralatan masak.

"Kita juga menyerahkan logistik berupa kasus dan lainnya," ucapnya.

Adapula, Pemprov Sumut juga menyerahkan akta kematian bagi para korban meninggal dunia agar nantinya bisa digunakan untuk keperluan administrasi kependudukan.

Di tempat yang sama, Bupati Karo Cory Br Sebayang mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya langkah cepat dari Kementerian Sosial dan Pemprov Sumut ini.

"Kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial, karena cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah di Kabupaten Karo," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/203104578/korban-bencana-longsor-di-kabanjahe-sumut-dapat-bantuan-dari-kemensos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke