Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka SMA dan SMK di Banten Dimulai 1 September, Ini Catatan IDAI

Anak-anak yang berusia diatas 12 tahun dan sudah di vaksin direkomendasikan dapat mengikuti PTM terbatas.

"Syarat agar anak boleh mengikuti sekolah tatap muka untuk anak dengan usia yang sudah diwajibkan mendapat vaksin Covid-19 adalah harus sudah divaksinasi. Guru dan perangkat sekolah lainnya juga harus sudah divaksinasi," kata Ketua IDAI Banten Didik Wijayanto kepada Kompas.com. Selasa (31/8/2021).

Selain itu, orang tua juga mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan anaknya kembali bersekolah.

Pertimbangannya anak tidak ada komorbiditas, dan jika terdapat komorbiditas diminta untuk mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Kemudian, anak sudah memahami protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengetahui apa yang boleh dan hal yang tidak boleh dilakukan agar tidak tertular atau menularkan Covid-19.

Selanjutnya, selain tenaga pendidik dan anak, anggota keluarga di rumah juga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Sehingga orangtua diberi kebebasan untuk anaknya apakah ingin daring atau luring (sekolah hrs menyiapkan)," ujar Didik.

Pemerintah daerah juga harus mempertimbangkan angka kasus aktif di bawah 8 persen, angka kematian, cakupan vaksinasi diatas 80 persen, ketersediaan tes PCR, dan ketersediaan tempat tidur untuk anak di rumah sakit.


Menurut Didik, keputusan pembukaan sekolah dibuat secara berkala melalui evaluasi mingguan. 

Sekolah, lanjut Didik, diminta untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dinas Kesehatan dan dinas pendidikan memutuskan membuka/menutup sekolah dengan memperhatikan kasus harian.

"Intinya sekolah buka dengan persyaratan," tegas Didik.

Diketahui, Gubernur Banten Wahidin Halim akan memulai kembali PTM terbatas untuk jenjang SMA dan SMK pada 1 September 2021.

"1 September sekolah akan dibuka. Para guru sudah divaksinasi semua," kata Wahidin dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/140704678/pembelajaran-tatap-muka-sma-dan-smk-di-banten-dimulai-1-september-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke