Salin Artikel

Pelaku Usaha di Tasikmalaya Semringah Setelah Obyek Wisata Mulai Dibuka: Enggak seperti Kemarin, Susah Cari Uang

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Para pelaku usaha di Obyek Wisata Pantai Cipatujah, Tasikmalaya Selatan, Jawa Barat, mengaku bahagia atau semringah tempat usahanya banyak lagi dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah.

Kondisi ini seusai dibukanya kembali beberapa lokasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya sejak 24 Agustus 2021 saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di wilayah itu.

Adapun Kabupaten Tasikmalaya masih berstatus Level 2 PPKM saat Presiden RI Joko Widodo masih memperpanjang aturan itu selama sepekan sampai 6 September mendatang.

"Alhamdulillah, sekarang ada kemajuan. Enggak seperti kemarin susah cari duit. Sekarang ada-lah untuk makan dan biaya sekolah anak, dan untuk menabung sedikit-sedikit," jelas Kurniawan Aripin (57), salah seorang warga setempat dan pemilik penginapan di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (31/8/2021).

Kurniawan mengaku, Pantai Cipatujah selama sepekan ini ramai pengunjung dan masih didominasi oleh wisatawan lokal yang berlibur saat akhir pekan lalu.

Hampir setiap hari selama awal dibuka sampai sekarang penginapannya selalu terisi meski belum maksimal seperti hari liburan panjang.

Namun, dirinya bersama warga setempat lainnya sangat bersyukur setiap harinya memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Sudah beberapa hari terakhir ini sejak awal dibuka, tempat saya selalu ada yang sewa oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Alhamdulillah pengunjung sudah mulai banyak sejak dibuka," ujar dia.

Dirinya bersama warga lainnya di lokasi wisata berharap Kabupaten Tasikmalaya masih terus di zona sama atau lebih rendah supaya tak ada penutupan kembali wisata.

Sebab, sejak wisata tak dibuka, pelaku usaha wisata di Cipatujah kebingungan dan harus menjual harta benda untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hal itu akibat pelaku usaha di wilayahnya selama ini sangat mengandalkan sekali penghasilan kesehariannya dari sektor wisata tersebut.

"Meski PPKM diperpanjang terus, asalkan kami tetap bisa berusaha enggak masalah. Mudah-mudahan Kabupaten Tasikmalaya statusnya jadi hijau (turun level PPKM) supaya terus jadi banyak pengunjung lagi," tambah Kurniawan.

Hal sama diungkapkan Eris Sandi (37), salah seorang wisatawan lokal yang berkunjung di Pantai Selatan Jawa yang berbatasan langsung dengan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, tersebut.


Menurut Eris, dirinya sengaja datang secara rombongan bersama rekan-rekannya untuk bersantai di pantai sejak mengetahui informasi wisata sudah dibuka kembali di Kabupaten Tasikmalaya.

Dirinya selaku pekerja harian bersama rekan-rekannya sudah merasa jenuh dengan kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir.

Apalagi, dalam upaya menangkal supaya tak tertular Covid-19 dan penambah imunitas, dia bersama temannya ingin menikmati suasana alam pantai untuk membentuk imunitas yang kuat dengan cara bahagia.

"Awalnya kita mau ke Pangandaran, tapi karena belum ada kepastian buka, maka jadinya ke Pantai Cipatujah," kata Eris diamini teman-temannya di pantai tersebut.

Sejak diketahui bahwa Kabupaten Tasikmalaya berstatus Level 2 PPKM, dirinya sebagai pengunjung sangat berharap wisata dibuka buat menambah imunitas masyarakat.

Meski tetap, kata Eris, semua pelaku usaha dan pengunjungnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Ya, wisata ini untuk menaikkan imun juga. Kita senang imun pun menjadi lebih kuat," pungkasnya.

Sebelumnya, Koordinator Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Rudi Sonjaya, mengaku dengan status Level 2 PPKM Kabupaten Tasikmalaya yang diterapkan selama tiga kali perpanjangan ini berencana mulai membuka beberapa obyek wisata di wilayahnya.

Selain Pantai Cipatujah, Obyek Wisata Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, juga sudah akan beroperasi kembali di akhir pekan ini.

"Kita tetap masih kalau level PPKM di level 2 terus kok, makanya sudah berencana akan membuka obyek wisata di Kabupaten Tasikmalaya, terutama Wisata Galunggung," singkat dia pada Jumat (27/8/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/124116678/pelaku-usaha-di-tasikmalaya-semringah-setelah-obyek-wisata-mulai-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke