Salin Artikel

Kronologi Penangkapan Pelaku Penjual Kulit Harimau Sumatera di Riau, 1 Lompat dari Jembatan

KOMPAS.com - Seorang pelaku penjual kulit harimau sumatera berinisial BAT (58), ditangkap polisi dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Pelaku ditangkap di Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Sementara, satu pelaku lagi berhasil kabur setelah melompat dari atas jembatan dan masuk kerimbunan semak-semak.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan, penangkapan terhadap pelaku berawal dari pihaknya yang mendapat informasi akan adanya transaksi jual beli kulit harimau sumatera di wilayah Kuansing.

Mendapat informasi tersebut, Tim Sub Direktorat IV Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau dipimpin Kompol Darmawan dan anggota BBKSDA Riau kemudian melakukan penyelidikan.

Saat di lokasi kejadian, petugas mengamati dua orang pelaku menggunakan sepeda motor sambil membawa sebuah karung yang berisi kulit harimau sumatera.


Setelah itu, petugas langsung mencegatnya hingga berhasil mengamankan pelaku BAT.

"Sedangkan seorang pelaku lainnya berhasil lolos melarikan diri dengan cara terjun dari atas jembatan dan masuk ke dalam kerimbunan semak dalam keadaan gelap," kata Sunarto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sanin (30/8/2021).

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan karung berisi kulit harimau, dua unit sepeda motor, satu buah ember berwarna abu-bau, delapan botol spritus dalam keadaan kosong dan sebuah parang.

"Pelaku diamankan dengan barang bukti satu lembar kulit harimau sumatera yang hendak diperjualbelikan," ujarnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Undang-undang nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Pelaku diancam hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta," tegasnya.

 

(Penulis : Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra Indriani | Editor : Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/114604878/kronologi-penangkapan-pelaku-penjual-kulit-harimau-sumatera-di-riau-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke