Salin Artikel

Robot Canggih Ini Bisa Memanen Melon Secara Otomatis dengan Melihat Warna dan Mengetuk Buah

SEMARANG, KOMPAS.com - Ahli teknik elektro Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengembangkan inovasi dalam bidang teknologi internet of things (IoT) guna mendukung pertanian.

Berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), tim ahli merancang robot yang dilengkapi dengan sensor kamera untuk mendeteksi tingkat kematangan buah melon.

Ketua Program Studi Teknik Elektro, Udinus Semarang, Ary Heryanto mengatakan robot ini dikembangkan untuk memanen buah melon secara otomatis.

Robot akan bergerak mengikuti pola jalur tertentu dengan kamera yang dilengkapi neural network atau jaringan saraf tiruan.

"Robot akan memastikan kematangannya dengan melihat warna dan mengetuk buah melon. Ada suara yang berbeda mana yang mentah dan matang. Baru nanti bisa dipanen," jelasnya kepada awak media, Senin (30/8/2021).

Tim ahli Udinus juga terus memodifikasi robot agar nantinya tidak hanya dapat mengetahui tingkat kematangan saja akan tetapi juga dapat memetik buah melon.

"Timnya memang ada dua. Dari IPB concern melihat kematangan melon. Kami concern ke robot untuk yang bergerak dan memanen melon. Sama-sama jalan nanti tinggal menggabungkan," ujarnya.

Adapun tim ahli Udinus yang turut mengembangkan robot tersebut yakni Herwin Suprijono, Arga Dwi Pambudi dan Filmada Ocky Saputra.

"Sejak bulan Juni 2021 sudah mulai kita kembangkan untuk robotnya. Sekarang tahapan integrasi antara metode deteksi melon dengan sensor gerak," ucapnya.

Pihaknya berharap pengembangan robot pemanen melon ini akan dapat dirampungkan pada akhir tahun.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/102301078/robot-canggih-ini-bisa-memanen-melon-secara-otomatis-dengan-melihat-warna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke