Salin Artikel

Lampung Bakal Ekspor 6.300 Ton Nanas ke Singapura Tiap Pekan

Kapasitas ekspor ini mampu mencapai 6.300 ton per pekan.

Kepastian ekspor langsung ke Singapura ini ditandai dengan peluncuran ekspor perdana PT Great Giant Pineapple Corporation (PT GGPC) Lampung menggunakan Kapal Meratus Line di Pelabuhan Panjang, Minggu (29/8/2021).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, ekspor perdana ini mengirimkan sebanyak 350 kontainer nanas hasil pertanian yang dikelola PT GGP.

"Totalnya sekitar 6.300 ton. Ini masih sedikit sebenarnya, karena di PT GGPC masih nunggu banyak," kata Susiwijono, Minggu sore.

Susiwijono mengatakan, ekspor langsung ke luar negeri dari Pelabuhan Panjang ini mampu meningkatkan ekspor nasional secara keseluruhan.

"Ini sebuah terobosan yang bagus. Kita selama ini ada kendala kekurangan kontainer karena ada sejumlah pelabuhan yang melakukan pembatasan di tengah pandemi," kata Susiwijono.

Menurut Susiwijono, dengan adanya ekspor langsung ke luar negeri dari pelabuhan di daerah, mampu mengurangi ongkos logistik.

Lantaran, harga komuditas dalam negeri saat ini sedang berada dalam posisi yang bagus. Sementara pengiriman untuk ekspor sangat terbatas atau terkendala ongkos logistik.

"Meratus Line ini biasanya di domestik, namun sekarang bisa mengangkut langsung ke Singapura. Ini sangat bagus," kata Susiwijono.

PT GGPC sendiri, kata Susiwijono, tiap minggu sudah siap untuk mengekspor nanas hasil pengelolaan pertanian mereka.


Sementara itu, CEO Meratus Line, Farid Belbouab mengungkapkan, rute internasional dari Pelabuhan Panjang ke Singapura ini adalah titik mula yang penting bagi industri kargo di daerah.

"Ini juga momen yang penting bagi para eksportir di daerah karena kondisi sekarang yang sangat kesulitan mencari pengiriman (ekspor) ke luar negeri," kata Farid.

Farid menambahkan, pihaknya berharap para eksportir di Lampung bisa terbantu dengan adanya rute internasional ini.

"Jadi eksportir lokal tidak kesulitan lagi pada sisi logistik," kata Farid.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/29/184650278/lampung-bakal-ekspor-6300-ton-nanas-ke-singapura-tiap-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke