Salin Artikel

Batik Air Mendarat Darurat di Kualanamu, Penumpang: Kaget Kami, yang Tidur Bangun Semua

KOMPAS.com - Pesawat Batik Air rute Banda Aceh-Jakarta mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 11.55 WIB.

Diketahui, pesawat jenis Airbus 330-300 itu membawa 271 penumpang termasuk Bupati Aceh Barat Ramli MS dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Garnip Wasrito.

Salah satu penumpang pesawat Batik Air, Teuku Dedi Iskandar mengatakan, sebelum lepas landas dari Bandara Sultan Iskandar muda, sempat terjadi delay keberangkatan.

Sedianya, pesawat dijadwalkan terbang pada pukul 10.00 WIB dan baru berangkat 10.55 WIB.

Namun, setelah terbang 45 menit, sambungnya, pilot mengumumkan pesawat akan mendarat darurat di Bandara Kualanamu.

"Sempat kaget kami, penumpang yang tidur bangun semua," kata Dedi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Kata Dedi, sebelum pesawat mendarat darurat di Bandara Kualanamu, penumpang mendapat pemberitahuan bawah pesawat mengalami gangguan teknis.

"Kami tidak tahu pasti gangguan teknis apa, karena tiba-tiba diberitahukan harus mendarat darurat," ujarnya.


Dedi mengaku, ia dan sejumlah penumpang lainnya tidak merasakan goncangan sebelum pesawat mendarat.

Hanya saja, sambung Dedi, laju penerbangan dirasanya agak sedikit lambat dibandingkan biasanya, bahkan pesawat terbang lebih rendah di bawah awan.

"Kecepatan terasa lambat, dan ketinggian juga di bawah awan terbang, tadi kami lihat selama penerbangan nampak ke bawah," ungkapnya.

Masalah mesin

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat mendarat darurat karena diduga ada masalah di mesin sehingga pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat.

"Pilot memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Kualanamu dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pengecekan," kata Danang dalam keterangan tertulisnya.

Kata Danang, pesawat jenis Airbus 330-300 sudah menjalani serangkain pemeriksaan sebelum terbang dan dinyatakan layak terbang.

Kata Danang, saat ini seluruh penumpang diminta untuk menunggu di Bandara Kualanamu karena Batik Air sedang mempersiapkan pesawat pengganti yang sudah ada di Kualanamu untuk melanjutkan penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

(Penulis : Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief, Aprilia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/29/180506878/batik-air-mendarat-darurat-di-kualanamu-penumpang-kaget-kami-yang-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke