Salin Artikel

11 Bom Lontong Berdaya Ledak Tinggi Milik Teroris Poso Dimusnahkan

Pemusnahan seluruh bom lontong tersebut dilakukan oleh tim Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulteng bertempat di Markas Kompi I Batalyon B Satbrimob Polda Sulteng di Poso pada Sabtu (28/8/2021).

Wakasatgas Humas Ops Madago Raya 2021, AKBP Bronto Budiyono menuturkan, bom yang dimusnahkan merupakan barang bukti sitaan Satgas Madago Raya selama tahun 2020 dan 2021.

“Sebelas bom lontong tersebut terdiri 10 buah bom pipa PVC dan 1 bom pipa besi yang kesemuanya memiliki daya ledak tinggi," ungkap Bronto, Minggu (29/8/2021).

Tahun 2020, kata dia, bom lontong itu ditemukan di Kelurahan Tegalrejo Poso dan hasil sitaan saat kontak senjata di Pegunungan Padopi dan Pegunungan Peaka Poso.

Sedangkan tahun 2021, bom lontong itu disita saat kontak senjata di Salubanga Kecamatan Sausu, Kabupaten Parimo dan temuan di Desa Penedapa, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso.

Dari 11 buah bom lontong yang dimusnahkan tersebut, ditemmukan sejumlah material seperti potongan paku, gotri, serbuk cokelat yang diduga sebagai bahan peledak.

Bom lontong berdaya ledak tinggi itu dapat mematikan serta melukai orang pada jarak tertentu.

"Untuk menghindari risiko bahaya dalam penyimpanan barang bukti bom lontong, maka dilakukan disposal atau dimusnahkan dengan cara diledakkan. Sebelum dilakukan disposal barang bukti tersebut diurai oleh tim detasemen Gegana guna mengetahui dan mempelajari unsur yang terkandung dalam bom lontong," tambah Bronto.

Satuan Tugas Madago Raya menegaskan pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap enam orang sisa DPO teroris Poso pimpinan Ali Kalora.

Diharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Sulawesi Tengah untuk segera menuntaskan segala macam bentuk teror oleh kelompok teroris Poso tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/29/164244878/11-bom-lontong-berdaya-ledak-tinggi-milik-teroris-poso-dimusnahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke