Salin Artikel

Warga Gunungkidul Temukan Granat Nanas Aktif Saat Menyelam Pasang Jaring Ikan

Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana kemudian mengamankan benda temuan warga tersebut.

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto menyampaikan, benda diduga granat itu ditemukan Sugeng Riyanto, warga Padukuhan Gunungbang.

Saat itu yang bersangkutan membentangkan jaring bersama dua orang rekannya. Saat sugeng menyelam, dia bermaksud menata batu untuk menahan jaring di kedalaman 3 meter.

Saat mencari batu itu Sugeng merasakan berbeda saat benda serupa batu itu diangkat.

Lokasi penemuan diberi garis polisi

Akhirnya Sugeng membawa benda tersebut, kembali ke daratan. Saat dicek, benda tersebut memiliki bentuk fisik seperti granat, salah satu bahan peledak.

"Yang bersangkutan mencari ikan dengan membentangkan jaring di ke dalam sungai, bersama dua rekannya," kata Suryanto kepada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Sugeng lantas melaporkan ke Dukuh setempat dan diteruskan ke Polsek Karangmojo. Sugeng meletakkan temuan itu ke sebuah cekungan batu agar aman.

Polisi yang datang ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan pun kemudian memasang garis polisi di sekitar cekungan batu tersebut.


Diduga sisa amunisi zaman perang

Penjabat (Pj) Kapolsek Karangmojo AKP Surahyo mengatakan malam harinya Tim Jibom Gegana Brimob Polda DIY datang ke lokasi. Benda tersebut kemudian dievakuasi dengan prosedur ketat sekitar pukul 21.50 WIB

Dijelaskan, dari keterangan Tim Jibom benda tersebut merupakan granat. Bahkan benda peledak tersebut dinyatakan masih aktif.

Adapun granatnya merupakan jenis nanas dengan kondisi pelatuk sudah terlepas.

Diduga granat ini merupakan sisa dari amunisi perang zaman dulu, meski demikian tetap dianggap berbahaya.

"Kondisinya masih aktif dan rawan meski sudah lama," kata Surahyo. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/29/123922778/warga-gunungkidul-temukan-granat-nanas-aktif-saat-menyelam-pasang-jaring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke