Salin Artikel

Cerita di Balik Video Viral Polantas Beri Uang kepada Pria di yang Tinggal di Kolong Jembatan

Video itu diunggah akun TikTok @dhulurbudiman. Polisi yang diketahui bernama Brigadir Budiman itu merupakan anggota PJR Jatim II Ditlantas Polda Jatim.

Ia memberi uang kepada pria yang mengaku bernama Adit tersebut karena kasihan.

Dalam video itu, Adit mengaku tinggal di kolong jembatan karena tidak mampu membayar uang kos.

Pria itu juga mengaku tinggal di Desa Wage, Kecamatan Taman Sidoarjo, tidak jauh dari jembatan tersebut. Sehari-harinya, Adit mengamen untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Brigadir Budiman pun memberi uang dua kali, Adit sempat menolak lalu akhirnya menerimanya.

Saat dikonfirmasi, Brigadir Budiman membenarkan telah membuat video tersebut. Video itu direkam saat Budiman berpatroli rutin di ruas jalur Tol Surabaya-Sidoarjo dan sebaliknya pada Kamis (26/8/2021).

Sekitar pukul 16.00 WIB, tepatnya di kilometer 749 Tol Sidoarjo arah Surabaya, ia melihat seorang pria duduk di bawah jembatan layang.

"Untuk mengantisipasi berbagai hal agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, karena itu tol bebas hambatan, sehingga saya hampiri saya mencari tahu siapa dia dan memberinya uang dan meminta agar berhati-hati sesuai yang ada di video," kata Brigadir Budiman saat dikonfirmasi, Sabtu (28/8/2021).

Budiman mengaku kembali menghampiri Adit pada keesokan harinya, Jumat (27/8/2021). Ia berkunjung tanpa pakaian dinas.

Alasan Budiman berkunjung, karena video yang diunggah sebelumnya viral di media sosial.

"Saya takut nanti ada yang memanfaatkan," jelasnya.


Adit justru meminta maaf

Namun, ada yang aneh saat Budiman bertemu dengan Adit. Pria tersebut langsung meminta maaf kepada Brigadir Budiman karena teah berbohong.

"Dia mengaku takut karena didatangi polisi saat itu, makanya dia berbohong," terangnya.

Setelah berbincang dengan Brigadir Budiman, akhirnya Adit mengaku sudah pergi dari rumah karena memiliki masalah dengan orangtuanya. Adit telah tiga bulan meninggalkan rumah.

Brigadir Budiman lalu memberi nasihat, meski tak memaksa Adit pulang. Akhirnya, Brigadir Budiman mencarikan tempat kos untuk Adit tinggal sementara.

Budiman juga berusa mencarikan pria itu pekerjaan.

Video lengkap sejak pertama kali Brigadir Budiman mendatangi Adit dan hari berikutnya juga viral di media sosial, salah satunya di akun instagram @surabayakabarmetro.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/28/211647678/cerita-di-balik-video-viral-polantas-beri-uang-kepada-pria-di-yang-tinggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke