Salin Artikel

Kasus Kematian Tinggi, Satgas Covid-19 Jombang: 90 Persen Pasien yang Meninggal Belum Vaksin

Hal itu diungkapkan Budi Winarno, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, pasien Covid-19 yang belum melakukan vaksinasi memiliki kerentanan lebih tinggi untuk perburukan kondisi, dibandingkan dengan pasien yang sudah vaksin.

Berdasarkan hasil analisis tim kesehatan, pasien Covid-19 di Kabupaten Jombang yang meninggal dunia mayoritas belum melakukan vaksinasi Covid-19.

"90 persen pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia itu belum vaksin. Itu kondisi riil," ungkap Budi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/8/2021).

Ia menuturkan, faktor lain penyebab banyaknya pasien Covid-19 meninggal dunia adalah adanya penyakit penyerta, serta keterlambatan merujuk pasien ke rumah sakit.

Bahkan, kata Budi, banyak pasien yang sudah berada dalam kondisi kritis saat dibawa ke rumah sakit rujukan.

Kondisi terkini, lanjut dia, tren kasus positif baru dan kematian terus menurun.

Adapun peningkatan kasus, terjadi sejak pertengahan Juni 2021 dengan puncak kenaikan kasus konfirmasi dan kematian, pada 15 Juli 2021.

"Setelah minggu ketiga Agustus sampai dengan minggu keempat ini tren kesembuhan sudah mulai naik, tren konfirmasi turun, tren meninggal juga turun. Kalaupun ada kasus aktif, itu kondisinya isolasi, artinya OTG," jelas Budi.

Meski tren kasus mengalami penurunan, Budi meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Di samping disiplin memakai masker dan rajin cuci tangan, masyarakat diminta tetap menjaga jarak aman antar sesama serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.


Vaksinasi dan angka kematian

Budi Winarno menambahkan, untuk menekan laju penyebaran Covid-19, semua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tidak memerlukan perawatan di rumah sakit, tidak diizinkan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mereka diwajibkan menempati tempat isolasi terpusat agar memudahkan pengawasan dari petugas kesehatan, serta menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar pasien.

Selain menempatkan pasien isolasi di beberapa tempat terpusat, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang juga mendorong percepatan vaksinasi Covid-19.

Saat ini, dari 1.019.942 orang yang ditargetkan untuk melakukan vaksinasi, sebanyak 581.743 orang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Adapun warga yang sudah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua, sebanyak 380.397 orang atau 37,3 persen dari jumlah target sasaran.

Sementara itu, merujuk data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, secara kumulatif mencapai 1.490 kasus, hingga Jumat (27/8/2021).

Pada awal Januari 2021, jumlah kasus kematian yang tercatat kala itu sebanyak 248 kasus, dari jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 2.349 kasus.

Kemudian pada 30 Juni, dari 5.320 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, secara kumulatif tercatat ada 559 orang yang meninggal dunia.

Dari awal Juli hingga minggu keempat Agustus 2021, jumlah pasien yang meninggal dunia karena infeksi virus corona, sebanyak 931 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/231050278/kasus-kematian-tinggi-satgas-covid-19-jombang-90-persen-pasien-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke