Salin Artikel

Wisma Karanggayam Dirusak, Piala hingga Piagam Diamankan ke Stadion 10 November Surabaya

Kaca bagian depan wisma tampak hancur. Sementara sejumlah barang seperti piala dan piagam yang ada di bagian dalam gedung berantakan.

Setelah kejadian tersebut petugas melakukan inventaris sejumlah benda bersejarah dari Persebaya yang tersimpan dalam wisma tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya M Afghani Wardhana, setelah diinventaris, barang-barang bersejarah tersebut akan dibawa ke Stadion Gelora 10 November.

Rencananya Dispora Surabaya akan mencarikan ruangan khusus di Stadion Gelora 10 November untuk menyimpan benda-benda bersejarah tersebut.

"Kita sebetulnya sore tadi sudah mulai menginventarisasi, mendata piala-piala, artefak, piagam dan sebagainya. Karena sekarang kondisinya gelap, sementara kita jaga dulu dan besok pagi kita inventarisir lagi," kata dia, Kamis.

"Kita nanti carikan ruang di sana (Gelora 10 November) sambil menunggu progres seperti apa nanti ke depan. Kita sendiri tidak pernah memperkirakan kejadian itu. Tapi, terkait artefak, piagam dan piala-piala, Insya Allah kita pastikan aman," kata dia.

Ia mengatakan saat ini telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Linmas untuk mengamankan lokasi termasuk terkait langkah hukum yang akan diambil.

"Kalau koordinasi dengan kepolisian, kita koordinasikan dulu dengan teman-teman Satpol PP dan Linmas untuk bagaimana mekanismenya jika melangkah ke pihak berwajib. Biar pihak terkait nanti yang memutuskan proses hukumnya," ujar dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Ghinan Salman Editor : Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/162200378/wisma-karanggayam-dirusak-piala-hingga-piagam-diamankan-ke-stadion-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke