Salin Artikel

7 Titik Panas Muncul di NTT, Ini Lokasinya

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 7 titik panas atau hotspot terdeteksi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Nanik Tresnawati mengatakan, 7 titik panas itu berada di Kabupaten Sumba Timur, Alor, Lembata dan Sikka.

Nanik memerinci, 4 titik panas di Kabupaten Sumba Timur yakni 2 di Kecamatan Pahungalodu dan 1 masing-masing di Kecamatan Lewa dan Pandawai.

Kemudian, 1 titik panas di Kecamatan Pembantu Pantar, Kabupaten Alor, 1 titik di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata dan satunya di Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka.

"Sebaran titik panas ini, berdasarkan pantauan Satelit Terra, Suomi NPP dan NOAA20 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)," ungkap Nanik kepada Kompas.com, Jumat (27/8/2021).

Menurut Nanik, sebaran titik panas di wilayah NTT itu berdasarkan hasil update 26 Agustus 2021, mulai pukul 01.00 Wita hingga 26 Agustus 2021 pukul 19.00 Wita, dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen.

Dia menyebut, satelit hanya mendeteksi anomali suhu panas, dalam luasan satu kilometer persegi. Pada satu lokasi di permukaan bumi, akan diobservasi selama dua sampai empat kali per hari.

Pada wilayah yang tertutup awan, lanjut Nanik, maka titik panas tidak akan terdeteksi.

Dia mengatakan, kekeringan dan embusan angin yang kencang, juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas.

"Citra satelit tersebut, hanya menilai anomali refleksifitas dan suhu sekitar yang diiterpretasikan sebagai titik panas. Penyebab adanya anomali itu, tidak dapat kami pastikan," ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/090647278/7-titik-panas-muncul-di-ntt-ini-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke