Salin Artikel

Waspadai "Zoom Fatigue" dan Obesitas akibat Kurang Gerak Selama Pandemi

Kehidupan ini dinilai mampu mencegah penularan Covid-19. Namun harus diingat, masyarakat perlu waspada kehidupan hybrid bisa berdampak negatif pada kesehatan.

“Gaya hidup sehat di era hybrid ini telah menjadi keniscayaan,” ujar Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Siska Wiramihardja dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Siska menjelaskan, gaya hidup sehat sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan hybrid. Ini bertujuan untuk mencegah berbagai dampak negatif, seperti zoom fatigue dan obesitas.

Dalam menjalani kehidupan hybrid, seseorang biasanya kurang beraktivitas fisik sehingga dapat meningkatkan berat badan.

Banyak orang yang bekerja sambil duduk bahkan rebahan, ditambah kudapan yang kurang sehat. Gaya hidup tidak sehat ini dapat berdampak pada peningkatan Indeks Massa Tubuh (IMT).

“Pandemi Covid-19 ini meningkatkan kasus obesitas,” kata Siska.

Obesitas, sambung Siska, dapat meningkatkan risiko kesehatan, salah satunya risiko infeksi Covid-19.

Jika terpapar infeksi Covid-19, orang dengan obesitas berisiko memiliki gejala yang lebih parah dibanding mereka yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) normal.

Untuk itu, Siska mengatakan bahwa sangat penting untuk mencapai berat badan ideal.

“Bagaimana caranya? Tentu dengan menjalankan gaya hidup sehat, mengatur pola makan yang tepat, dan meningkatkan aktivitas fisik,” beber dia.


Dampak kesehatan lain dari kehidupan hybrid adalah potensi zoom fatigue, atau kondisi kelelahan akibat aktivitas rapat dan bekerja secara daring.

Siska menjelaskan, penyebab zoom fatigue di antaranya menatap layar telalu intens, terjebak pada konsentrasi tinggi, melihat diri sendiri secara konsisten, mobilitas fisik berkurang, dan lingkungan yang kurang kondusif.

Untuk terus menjaga keseimbangan bekerja di era hybrid, Siska menyarankan untuk dapat mengatur jadwal rapat atau menggunakan alternatif lain dalam menjalani aktivitas.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk tetap menjaga kesehatan mata.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/063500678/waspadai-zoom-fatigue-dan-obesitas-akibat-kurang-gerak-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke