Salin Artikel

Cara Daftar dan Lokasi Vaksinasi Moderna Tahap I untuk Warga Batam

Berbeda dengan penyelenggaraan vaksinasi massal pada umumnya, penerima vaksin Moderna dosis pertama ini, diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website http://vaksinmaitreya.org/?moderna1, yang saat ini mulai diterima lapisan masyarakat Batam melalui aplikasi pesan singkat.

"Memang benar sudah dibuka untuk umum. Jadi tidak hanya untuk booster nakes saja. Tapi melalui aplikasi terlebih dahulu, karena ini penyelenggara nya Pemerintah Daerah bekerja sama dengan pihak ketiga," jelas Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi melalui telepon, Kamis (26/8/2021).

Ia mengatakan untuk yang ingin mendaftar, tidaklah sulit, mengingat diwebsite nantinya akan dipandu untuk mengisi data identitas.

Dan di website tersebut juga akan ada penjelasan secara rinci hingga dinyatakan valid untuk menerima dosis vaksin suntikan pertama jenis Moderna.

Lokasi vaksinasi

"Nantinya masyarakat yang telah terdaftar, tinggal datang saja ke lokasi vaksinasi, karena identitasnya otomatis sudah terdaftar sesuai dengan nomor antrian yang didapat dari wibesite tersebut," ungkap Didi.

"Dan untuk lokasi vaksinasi hanya di Vihara Maiterya, Batam Center," kata Didi menambahkan. 

Namun, Didi menegaskan bahwa pihak ketiga ini menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

Apabila saat ini semua mengandalkan Pemkot Batam, maka target akan sulit tercapai.


Untuk itu guna mencapai target 100 pihak ketiga ini membantu menyukseskan.

"Siapa saja pelaksananya yang penting target bisa tercapai. Tujuan mereka sama dengan pusat, jadi kami dukung saja. Kalau untuk stok vaksin mereka minta langsung ke provinsi. Jadi tak ada masalah untuk itu," papar Didi.

Senada diungkapkan Wakil Ketua Harian Tim Gugus Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana yang mengatakan bahwa mengenai kuota vaksin Moderna langsung diberikan kepada pihak penyelenggara.

Dalam hal ini, Tjetjep juga menargetkan 35 ribu masyarakat Batam menjadi penerima vaksin Moderna.

"Target kita segitu untuk saat ini. Kita lihat nanti pendaftaran melalui aplikasi sampai hari pelaksanaan," kata Tjetjep.

Namun demikian, Tjetjep juga mengingatkan mengenai efek samping vaksin Moderna, yang lebih dari dua vaksin sebelumya Sinovac dan AstraZeneca. Dimana para penerima, akan mengalami gejala demam dan sakit kepala, maksimal selama dua hari setelah menerima suntikan.

"Semua jenis vaksin memiliki side effect masing-masing. Jadi tidak perlu takut, ini yang harus diketahui dulu oleh masyarakat kita," terang Tjetjep.

Tjetjep Melanjutkan, sebelumnya vaksin Moderna merupakan booster dosis ketiga untuk tenaga medis.

Dan berdasarkan proses pemberian dosis booster hingga saat ini, seluruh tenaga medis tidak menunjukkan gejala apapun.

"Sampai sekarang para nakes kita di Kepri juga baik-baik saja setelah menerima vaksin Moderna," ungkap Tjetjep.

Adapun kuota vaksin Moderna yang diberikan untuk Batam saat ini diakuinya berjumlah 446 vital, dan akan segera ditambah dalam waktu dekat ini.

Sementara stok vaksin Moderna di Provinsi Kepri berjumlah 7.500 vial.

"Kedepannya kami tetap akan menerima Moderna dan di khususkan bagi yang belum pernah menerima," pungkas Tjetjep.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/155651578/cara-daftar-dan-lokasi-vaksinasi-moderna-tahap-i-untuk-warga-batam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke