Salin Artikel

2 Maling Ditangkap Usai Bobol 19 Minimarket, Gasak Ratusan Juta Rupiah

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pihak kepolisian mengamankan dua orang pria berinisial MM (32) dan BS (33), warga Desa Dapur utara, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, atas dugaan pencurian yang dilakukan di 19 minimarket di Lamongan.

Dari aksi pencurian yang dilakukan, keduanya telah menggasak ratusan juta rupiah.

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan, kedua pelaku biasa menjalankan aksinya pada saat malam hari, ketika minimarket sudah tutup.

Memanfaatkan situasi sepi di sekitar lokasi, satu pelaku kemudian masuk ke dalam melalui atap, sementara satu orang berjaga di luar.

"Dari hasil pemeriksaan, tersangka MM dan BS telah mengakui melakukan pencurian di 19 TKP yang ada di Lamongan, dalam kurun waktu lima bulan," ujar Miko, saat rilis pengungkapan kasus di Mapolres Lamongan, Kamis (26/8/2021).

Dari pengakuan kedua pelaku, mereka telah melakukan aksi pencurian di tujuh minimarket yang berada di Kecamatan Lamongan Kota, lima gerai di Kecamatan Deket, dua di Kecamatan Babat dan masing-masing satu gerai di Kecamatan Tikung, Sukodadi, Pucuk, Karanggeneng, serta Kembangbahu.

Namun, aksi pencurian tersebut akhirnya terhenti, setelah aksi mereka berdua di salah satu gerai yang berada di Kecamatan Deket diketahui oleh korban, 19 Agustus 2021 lalu.

Korban kemudian melaporkan kejadian yang dialami kepada pihak kepolisian.


"Selain barang bukti hasil curian, kami juga mengamankan satu unit sepeda motor yang biasa digunakan oleh kedua pelaku dalam menjalankan aksinya," kata Miko.

Atas perbuatan yang dilakukan, kedua pelaku dijerat pihak kepolisian dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Keduanya terancam hukuman penjara maksimal 7 tahun.

"Tentunya kami akan melakukan pendalaman lagi terkait kasus ini, karena tidak menutup kemungkinan ada korban lain," tutur Miko.

Dari hasil pemeriksaan petugas kepada pelaku dan korban, minimarket yang sempat disatroni oleh kedua pelaku rata-rata mengalami kerugian sekitar Rp 11 juta.

Sehingga, estimasi dari 19 minimarket yang dicuri, total kerugian mencapai Rp 209 juta.

"Ada yang dijual langsung (hasil curian), ada juga yang lewat online Pak," ucap salah seorang pelaku, ketika menjawab pertanyaan dari Miko dihadapan awak media.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/122949778/2-maling-ditangkap-usai-bobol-19-minimarket-gasak-ratusan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke