Salin Artikel

Sosok Irjen Rudy Sufahriadi, Tersandung Kasus Prokes Megamendung, 2 Kali Jabat Kapolda Sulteng

KOMPAS.com - Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Rudy Sufahriadi ditunjuk menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah menggantikan Irjen Abdul Rakhman Baso yang memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, sosok jenderal bintang dua itu menjadi Kapolda Jawa Barat pada 26 April 2019.

Namun, jabatan itu sempat dicopot usai kasus kerumunan acara Rizieq Shihab di Megamendung pada 16 November 2020, dilansir dari Tribunnews.

Rudy pun dimutasi menjadi Widyaiswara tingkat 1 Lemdiklat Polri karena dianggap tidak menegakan aturan protokol kesehatan. 

Jenderal kelahiran Cimahi, Jawa Barat, pada 23 Agustus 1965 tersebut akhirnya dipercaya kembali untuk memegang Sulteng oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Surat Keputusan Kapolri itu tertuang dalam ST/1701/VIII/KEP/2021 tertanggal 25 Agustus 2021.

Surat itu ditandatangani oleh As Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Sebagai informasi, pada tahun 2016 hingga 2018, Rudy telah menjabat Kapolda Sulteng.

Sederet operasi penting telah dilakukannya, antara lain menjadi perwira menengah di Detasemen Khusus Antiteror 88 pada 2010.

Di tahun yang sama, Rudy ditugaskan sebagai Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hingga 2016.


Saat itu dipercaya sebagai Kapolda Sulteng. Salah satu operasi penting yang dilakukannya adalah perburuan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso.

Karir Rudi terus menanjak setelah berhasil menyelesaikan operasi pemberantasan kelompok teroris di Indonesia.

Setelah menjadi Kapolda Sulawesi Tengah, Rudy dupercaya menjadi Kepala Korps Brimob Polri pada 2018.

Setahun berselang, Rudy diangkat menjadi asisten operasi Kapolri hingga akhirnya menjabat menjadi Kapolda Jabar pada April 2019. (Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sempat Dicopot Karena Kerumunan Megamendung, Kini Irjen Rudy Sufahriadi Jadi Kapolda Sulteng

https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/120613378/sosok-irjen-rudy-sufahriadi-tersandung-kasus-prokes-megamendung-2-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke