Salin Artikel

Sekda Ponorogo: Sulit Berikan Kesadaran pada Masyarakat agar Mau Pindah ke Lokasi Isoter

Kesulitan itu terjadi lantaran banyak warga yang masih belum memahami pentingnya menjalani isolasi di lokasi terpusat.

Butuh bantuan TNI dan Polri

Sekda Ponorogo, Agus Pramono yang dikonfirmasi Rabu (25/8/2021) mengatakan, pemerintah daerah membutuhkan bantuan TNI dan Polri untuk mengajak warga yang menjalani isoman pindah ke lokasi isoter.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan tenaga kesehatan di Puskesmas, proses pemindahan tidak akan berjalan secara maksimal.

“Kalau hanya andalkan dari tenaga kesehatan di Puskesmas saya yakin belum mampu. Karena sulit memberikan kesadaran kepada masyarakat,” ujar Agus.

Menurut Agus, isoter yang disediakan Pemkab Ponorogo memiliki fasilitas yang memadai sehingga mempercepat kesembuhan warga.

Ia menjamin, selama dirawat di tempat isoter, warga mendapatkan makanan bergizi, obat-obatan, vitamin dan oksigen yang mencukupi.

Hanya saja lokasi isoter yang tersedia dikhususkan bagi warga isoman yang tak bergejala.

Saat ini Pemkab Ponorogo memiliki fasilitas isoter dengan kapasitas 70 tempat tidur.

“Perpindahan warga isoman ke isoter terus berjalan. Kemarin ada tambahan 39 warga isoman yang masuk di isoter,” kata Agus.


Agus meminta bagi warga isoman yang tinggal di rumah untuk tertib dan disiplin menjaga prokes.

Tak hanya itu, warga di sekitar lingkungan juga diminta proaktif memberikan penyadaran kepada warga isoman agar mau dipindah ke tempat isoter.

“Yang menolak (dipindah ke isoter) ini menjadi kewajiban kita bersama untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat. Untuk itu kami sampaikan ke Kapolres dan Dandim kesulitan nakes kita adalah memberikan penyadaran. Dengan demikian butuh kerja sama dan sinergisitas pemerintah daerah, TNI dan Polri untuk bersama-sama melakukan pemindahan isoman dari isoter,” demikian Agus.

Menurut data Dinas Kominfo Jawa Timur, pasien aktif positif Covid-19 di bumi reog hingga Rabu (25/8/2021) mencapai 1.144 orang.

Sementara total kasus positif selama pandemi di Kabupaten Ponorogo sebanyak 11.374.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/222224578/sekda-ponorogo-sulit-berikan-kesadaran-pada-masyarakat-agar-mau-pindah-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke