Salin Artikel

Cerita Rusmah Nekat Kejar Penjambret, Sempat Tabrakkan Motor hingga Teriak Minta Tolong

Rusmah sempat menabrakkan motornya ke motor pelaku. Sehingga, penjambret itu terjatuh. Aksi nekat Rusmah itu membantu warga meringkus penjambret tersebut.

Kronologi

Saat berbincang di rumahnya, Dusun Ringinanom, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Rabu siang, Rusmah menceritakan peristiwa yang baru dialaminya itu.

Rusmah saat itu dalam perjalanan pulang dari Pasar Kademangan. Ia membeli pakaian untuk anaknya yang masih balita.

Di perjalanan pulang, Rusmah merasa ada orang yang mencurigakan membuntutinya. Awalnya, Rusmah tak terlalu curiga.

Kecurigaan Rusmah muncul saat motor yang membuntutinya itu ikut berbelok ke gang rumahnya.

Saat Rusmah berhenti di depan rumah, pria yang membututinya itu langsung merampas dompet berisi uang ratusan ribu rupiah yang sedang dipegang ibu rumah tangga itu.

Pelaku lalu kabur dan memacu sepeda motornya. Spontan, Rusmah yang sedang membonceng anaknya kembali menyalakan motornya dan mengejar penjambret itu sambil berteriak meminta tolong.

Di ujung gang, penjambret mengerem kendaraannya, sedangkan Rusmah yang menyusul langsung menabrakkan motor ke arah penjambret.

Menurut Rusmah, penjambret itu sempat terjatuh saat ditabrak. Namun, pelaku kembali bangun dan memacu kendaraannya berbalik arah.

"Anak saya sampai terjatuh waktu saya tabrakkan sepeda motor ke sepeda motor penjambret itu," tuturnya.

Ketika itu, warga di gang tersebut mulai berdatangan dan berupaya mengadang laju kendaraan penjambret yang berusaha kabur dengan sepeda motornya.

Seorang warga menghantamkan sebatang balok kayu ke muka penjambret meski penjambret itu tetap lolos dari adangan warga.


Kata Rusmah, darah mengucur dari wajah penjambret itu akibat hantaman balok kayu yang dilakukan warga. Beberapa warga mengambil kendaraan dan mengejar penjambret tersebut.

Kurang satu kilometer dari lokasi penjambretan, warga menangkap penjambret yang sudah berganti baju.

"Rupanya dia sempat berhenti di pos ronda dekat sawah. Mungkin dia lepas baju luarnya untuk mengelap darah," ujar Rusmah.

Di dekat area persawahan tidak jauh dari pos ronda tersebut, penjambret yang kemudian diketahui berinisial NF (26) itu diringkus dan dihajar warga.

Kapolsek Lodoyo Barat AKP Suyatno mengatakan, membenarkan tertangkapnya terduga pelaku penjambretan oleh warga di Kecamatan Kademangan.

Pelaku, kata dia, berusia 26 tahun dan tercatat sebagai warga Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar dengan nama inisial NF.

"Saat ini, pelaku sudah di tahanan Polsek untuk proses hukum selanjutnya," ujar Suyatno.

Suyatno membenarkan, NF sempat dipukuli hingga babak belur, tetapi polisi sudah membawanya ke puskesmas untuk diobati.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/182700278/cerita-rusmah-nekat-kejar-penjambret-sempat-tabrakkan-motor-hingga-teriak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke