Salin Artikel

Kantor DPC PDI-P Pacitan Jadi Sasaran Vandalisme, Begini Penampakannya

PACITAN, KOMPAS.com - Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kabupaten Pacitan Jawa Timur, menjadi sasaran vandalisme.

Vandalisme bertuliskan PKI tersebut, terdapat di logo partai di depan bangunan utama, tembok sisi bangunan, serta di kaca gedung kantor DPC PDI Pacitan.

Vandalisme yang hingga kini belum diketahui siapa pelakunya ini, dilakukan dengan menggunakan cat jenis semprot.

Vandalisme mengaitkan nama Presiden Joko Widodo dengan partai terlarang itu juga ditemukan di tempat lain yang berjarak sekitar 100 meter dari gedung kantor DPC PDI Perjuangan Pacitan. Tepatnya di sebuah SPBU.

“Tulisan ditemukan ada tiga di gedung kantor, dan di lokasi lain ada satu, yang membawa bawa nama Pak Presiden sebagai Kepala Negara,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pacitan Jawa Timur Eko Setioranu di kantor PDI-P Pacitan, Rabu (25/8/2021).

Di kantor DPC PDI Perjuangan Pacitan, vandalisme tersebut kini ditutup dengan plastik tebal.

Sedangkan yang di kaca kantor, sudah dihapus oleh penjaga gedung.  

Vandalisme yang mengaitkan dengan PKI sebagian sengaja tidak dihapus guna kepentingan penyelidikan.

“Yang membuat para kader tersinggung, vandalisme yang di lambang partai di depan pinggir jalan raya,” ujar Eko Ranu.

Diperkirakan, kejadian vandalisme tersebut terjadi pada Sabtu ( 21/8/2021) dini hari lalu, ketika penjaga kantor menjalankan shalat subuh. 

Kemudian, tulisan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut, diketahui ketika sejumah petugas partai melakukan aktivitas di kantor tersebut sekitar pukul 09.00 WIB.


“Diperkirakan, kejadiannya Sabtu dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Sebab, penjaga kami hingga malam berjaga di pos depan. Meninggalkan pos di jam tersebut untuk shalat subuh,” ujar Eko Ranu.

Ketua DPC PDI-P beserta anggota melaporkan peristiwa ini ke polisi. Berdasarkan laporan, polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi.

Selain itu, pihaknya juga sudah melaporkan peristiwa vandalisme tersbut ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Jakarta.

Dari pusat menyarankan, agar DPC PDI Pacitan mengawal kasus tersebut hingga pelaku diproses hukum.

Diharapkan, polisi segera menemukan pelaku.

Pihak internal DPC PDI Perjuangan Pacitan juga telah membentuk tim untuk membantu polisi mencari alat bukti atau pelaku.

“Kami sudah membentuk tim khusus untuk membantu polisi menangani kasus ini,” ujar Eko Ranu.

Tiga saksi diperiksa

Atas kejadian itu, polisi tengah melakukan pemeriksaan tiga orang saksi, guna mengetahui pelaku vandalisme itu.  

Tiga orang saksi ini terdiri dari warga sekitar lokasi, dan sejumlah petugas DPC PDI Perjuangan Pacitan.


“Termasuk penjaga malam kantor DPC PDI Perjuangan kami lakukan pemeriksaan sebagai saksi. Harapannya, ada patunjuk siapa pelakunya dari keterangan para saksi tersebut,” terang Kasatreskrim Polres Pacitan AKP Juwair di ruang kerjanya.

Karena minim petunjuk berupa barang bukti atau kamera pengawas di lokasi, proses penyelidikan belum mengarah kepada tersangka vandalisme.

“Kami sudah lakukan olah TKP ulang di lokasi, harapannya mendapatkan petunjuk. Bisa kaleng bekas cat yang digunakan, kendaraan, atau benda lain. Tapi, masih minim,” terang AKP Juwair.

Apabila pelaku diketahui, polisi akan melakukan proses hukum melalui berbagai tahapan hingga penetapan tersangka.

“Harapannya, ada pentunjuk pelaku melalui pemeriksaan saksi,” ujar AKP Juwair.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/171824578/kantor-dpc-pdi-p-pacitan-jadi-sasaran-vandalisme-begini-penampakannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke