Salin Artikel

Masuk PPKM Level 3, Pemkab Kendal Gelar Sekolah Tatap Muka Terbatas Hari Ini

KENDAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menggelar uji coba sekolah tatap muka secara terbatas untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), Rabu (25/8/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, total ada 160 sekolah yang diusulkan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal menggelar sekolah tatap muka.

Rinciannya, 51 SD, 23 SMP, dan 86 pendidikan anak usia dini (PAUD)

“Untuk sementara baru 60 sekolah, yang dipilih untuk melakukan pembelajaran tatap muka,” kata Wahyu kepada wartawan, Rabu.

Wahyu menjelaskan, sekolah yang diizinkan menggelar sekolah tatap muka karena guru dan tenaga kependidikan sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Selain itu, puluhan sekolah tersebut telah menyediakan sarana dan prasaranan penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, toilet bersih dan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Wahyu menjelaskan, pembelajaran tatap muka terbatas ini dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Untuk SD maksimal 14 peserta didik per kelas, SMP 16 orang, dan PAUD maksimal lima dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

“Bagi mereka yang menggunakan angkutan publik sebagai sarana transportasi, melakukan perjalanan dari daerah zona merah atau mempunyai riwayat kontak fisik dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak diperkenankan mengikuti pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan, pembelajaran tatap muka digelar karena Kabupaten Kendal saat ini menerapkan PPKM Level 3.

Sekolah tatap muka ini sesuai Intruksi Bupati Nomor 8 Tahun 2021, serta Inmendagri Nomor 35 Tahun 2021.

Dico menambahkan, total ada 3.011 pelajar di Kendal sudah disuntik vaksin dosis pertama.

Selain itu, kata Dico, seluruh guru serta tenaga pendidik telah divaksin sebanyak dua kali.

“Pembelajaran tatap muka harus sukses seperti sebelum diberlakukannya PPKM Darurat,  di mana tidak terjadi klaster Covid-19 di lingkungan pendidikan,” ujar Dico. 

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Kendal Supardi mengatakan, jam pelajaran tatap muka dimulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

“Jumlah siswa yang ikut pembelajaran tatap muka, ada 101 siswa. Mereka siswa kelas 7, 8, dan 9,” jelasnya.

Siswa yang ikut pembelajaran tatap muka, tambah Supardi, harus mendapat persetujuan dari orangtua dan harus sudah divaksin.

“Mereka kami haruskan juga jaga jarak,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/110204778/masuk-ppkm-level-3-pemkab-kendal-gelar-sekolah-tatap-muka-terbatas-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke