Salin Artikel

Pemkot Mataram Sebut PPKM Berhasil Tekan Mobilitas Masyarakat hingga 50 Persen

"Selama PPKM diberlakukan, mobilitas masyarakat di Kota Mataram berhasil kita tekan hingga sekitar 50 persen," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa, di Mataram seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/8/2021).

Menurut Swandiasa, keberhasilan itu bisa dilihat dari evaluasi mobilitas masyarakat yang terekam dari CCTV milik Dinas Perhubungan Kota Mataram di sejumlah persimpangan.

"Selain itu, kegiatan penyekatan yang dilakukan di pintu-pintu masuk juga terpantau termasuk kedisiplinan warga yang keluar masuk kota harus menerapkan prokes minimal menggunakan masker," katanya.

Satgas lingkungan dan kelurahan juga melaporkan tentang tingkat mobilitas masyarakat yang relatif landai.

Rata-rata, masyarakat menaati berbagai aturan yang diterapkan selama PPKM level tiga, termasuk penerapan jam malam.

"Jadi kalau sudah di atas pukul 20.00 Wita, hampir semua masyarakat tidak ada yang beraktivitas di luar," ujarnya.

Di sisi lain, Swandiasa menambahkan, Satgas Covid-19 kelurahan dan lingkungan diminta mengawal warga yang terpapar secara intensif. Khususnya, warga isolasi mandiri.

Masih banyak warga yang menjalani isolasi mandiri, kata dia, menjadi tantangan tersendiri bagi satgas. Apalagi, jika rumah pasien tersebut tak layak ditempati.

"Untuk itu kita berharap satgas kelurahan dan lingkungan bisa melakukan pendekatan dan menyarankan pasien Covid-19 tanpa gejala yang isolasi mandiri pindah ke salah satu RSD Covid-19 yang telah disiapkan untuk isolasi terpusat agar penanganan lebih maksimal," katanya.

Berdasarkan data yang diterima, tercatat tambahan 45 pasien Covid-19 di Mataram pada Senin (23/8/2021). Lalu, 52 pasien sembuh dan empat meninggal.

"Dengan demikian, jumlah pasien yang masih isolasi sebanyak 424, sembuh 5.867 dan 213 orang meninggal dunia dari total kasus 6.504," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/235921678/pemkot-mataram-sebut-ppkm-berhasil-tekan-mobilitas-masyarakat-hingga-50

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke