Salin Artikel

Keseruan Anak-anak Dusun Ebunut Bermain Gasing di Tengah Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika

Aktivitas belajar di sekolah telah usai, Deri kini dalam perjalanan pulang ke rumah. Dengan ransel biru di punggungnya, bocah itu berjalan riang. 

Salah satu tangannya terlihat memegang tali ransel sebelah kanan yang putus sejak beberapa hari lalu.

Saat mendekati rumah, Deri langsung menemui neneknya yang sedang menenun. Bocah itu mengucap salam dan mencium tangan sang nenek.

Deri merupakan salah satu anak yang masih tinggal bersama orangtuanya di Dusun Ebunut, Desa Kuta. Desa ini terancam terisolasi karena dilingkari pagar Sirkuit MotoGP Mandalika.

Usai mengganti seragam sekolah, Deri mengambil gangsing dan berkumpul dengan sejumlah temannya.

Gasing merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Lombok, yang terbuat dari kayu berbentuk seperti kerucut. Gasing diputar menggunakan tali sepanjang sekitar satu meter.

Di halaman rumah, anak-anak telah berkumpul di dekat pohon kersen. Meski pandangan terhalang pagar sirkuit, anak-anak itu tetap menikmati keseruan mengadu gasing.

“Kalau pulang sekolah kita main gasingan sama teman-teman ini, seru,” kata Deri ditemui di rumahnya, Selasa (24/8/2021).

Dalam permainan gasing, memang tidak ada yang mengatur batas jumlah pemain. Namun, para pemain memiliki jatah memukul gasing pemain lain. Setelah itu, akan dilihat gasing yang paling lama berputar.


Deri dan kawan-kawannya biasanya menghabiskan waktu sekitar satu jam bermain gasing. Setelah itu, Deri pulang membantu ibunya mengasuh sang adik.

“Sebenarnya kita main sepuasnya sampai gasing kita bolong-bolong saling adu,” kata Deri.

Sesekali permainan mereka terhenti karena sapi milik warga yang melintas di halaman tersebut.

Deri mengaku mencintai kampung halamannya, meski nantinya ia harus meninggalkan tempat itu karena terdampak pembangunan sirkuit.

“Senang tinggal di sini, kita mengikuti orangtua saja,” kata Deri.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/165113478/keseruan-anak-anak-dusun-ebunut-bermain-gasing-di-tengah-pembangunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke