Salin Artikel

Sempat Ragu, Ibu Hamil di Tegal Ini Putuskan Ikut Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Awalnya sempat ragu, beberapa ibu hamil di Puskesmas Sumurpanggang, Kota Tegal, akhirnya memutuskan untuk mengikuti vaksinasi, Selasa (24/8/2021).

Salah satunya, Silvia Rizky Amalia (20), yang mengandung anak pertamanya, memengaku lega ketika sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

"Ini anak yang pertama. Waktu pertama saya sempat khawatir. Tapi saya punya komitmen biar saya dan bayi tetap sehat," kata Silvia, warga Kelurahan Margadana, dilansir dari Tribunjateng.com.

Silvia mengakui, awal pertama memang ada keraguan apakah harus ikut vaksin atau tidak.

Namun, setelah mendapat penjelasan dari bidan di Posyandu bahwa ibu hamil termasuk kelompok rentan terkena penyakit di tengah pandemi, Silvia pun memantapkan hati untuk ikut vaksin.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Nur Aini (35), warga Kelurahan Margadana. Ibu yang tengah mengandung anak keduanya itu juga sempat ragu.

Namun Aini akhirnya sadar akan pentingnya vaksinasi Covid-19 agi ibu hamil.

Dirinya juga berharap ia dan bayinya menjadi lebih sehat dan diberi kelancaran saat persalinannya.

"Saya ikut vaksinasi ini biar ibunya sehat dan bayinya sehat. Kemudian lahirannya lancar dan bayinya sehat," ungkapnya.

Suprapti, bidan di Puskesmas Sumurpanggang, mengatakan, vaksinasi bagi ibu hamil sudah berlangsung sejak Senin 23 Agustus 2021.

Vaksinasi ibu hamil dilakukan di empat kelurahan, yaitu Kelurahan Margadana, Sumurpanggang, Pesurunganlor, dan Kalinyamatkulon.

Setiap harinya vaksinasi dijadwalkan untuk sekira 10 orang atau 20 orang.

"Alhamdulillah, kemarin kita sudah melaksanakan vaksinasi terhadap 10 ibu hamil. Hari ini diperkirakan 20 ibu hamil. Kemudian rabu dan kamis, sudah kami jadwalkan," katanya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas epala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari, ibu hamil yang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 adalah mereka yang usia kehamilannya sudah trimester 2.

Sementara Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny mengatakan, Pemkab Tegal mencatat sebanyak 1.564 ibu hamil sudah divaksin Covid-19.

Jumlah itu mencapai 31 persen dari total sasaran 5.122 ibu hamil yang harus divaksin hingga akhir Agustus 2021.

"Hingga Kamis (19/8/2021), sebanyak 1.564 ibu hamil sudah divaksin. Jumlah itu mencapai 31 persen dari total target sasaran," katanya kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).

(Penulis: Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor: Dony Aprian)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul: Cerita Para Ibu Hamil yang Mendapat Vaksin Covid-19 di Tegal, Sempat Ragu Namun Jadi Yakin

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/164356078/sempat-ragu-ibu-hamil-di-tegal-ini-putuskan-ikut-vaksinasi-covid-19-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke