Salin Artikel

Simpan Puluhan Ijazah Siswa, Kepsek SMAN 1 Plaosan: Baru Diambil Setelah Kerja

Hal ini terkait puluhan ijazah siswa yang masih disimpan pihak SMAN 1 Plaosan lantaran siswa yang bersangkutan belum menyelesaikan administrasi sekolah.

Maskuntadi menyebut ada sekitar 20 lulusan siswa di sekolahnya yang belum mengambil ijazah dengan alasan akan mengambil setelah bekerja.

“Biasanya alasan mereka ini setelah kerja baru diambil. Sudah biasa di sini ijazah diambil setelah kerja,” ujar Maskuntadi ditemui di SMAN 1 Plaosan, Selasa (24/08/2021).

Maskuntadi menambahkan, puluhan ijazah siswa yang belum diambil bukan hanya lulusan tahun 2021, melainkan ada sejumlah ijazah siswa yang merupakan lulusan tahun sebelumnya yang juga belum diambil.

“Yang belum mengambil itu banyak, termasuk lulusan sebelumnya,” imbuhnya.

Wakil Kepala SMAN 1 Plaosan Lahuli megatakan, kebanyakan siswa merupakan siswa yang tidak diterima di sekolah lain dan baru memilih sekolah di SMAN 1 Plaosan.

Dia mengaku sejumlah orang tua siswa juga mengalami kesulitan perekonomian sehingga terkendala dalam pelunasan sejumlah pembayaran administrasi sekolah.

“Kasus keuangan sering terjadi, kalau tidak mampu nyicil kami juga berikan keringanan untuk iuran komite,” katanya.

Sebelumnya, beredar pemberitaan SMAN 1 Plaosan, Kabupaten Magetan, menahan ijazah siswanya yang telah lulus.

Namun pihak sekolah membantah dan menyebut hanya menyimpan puluhan ijazah siswa yang telah lulus karena belum menyelesaikan administrasi sekolah.

Meski menyimpan puluhan ijazah siswa yang telah lulus, namun pihak sekolah mengklaim memberikan kemudahan bagi siswa yang mebutuhkan dokumen ijazah untuk kepentingan bekerja maupun untuk kepentingan kelanjutan sekolah.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/095714478/simpan-puluhan-ijazah-siswa-kepsek-sman-1-plaosan-baru-diambil-setelah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke