Salin Artikel

Puluhan Orang di Sukabumi Mengalami Keracunan, Diduga akibat Makanan

"Kami mendapatkan laporan terjadi keracunan makanan secara massal di Desa Wanasari, Kecamatan Surade pada Minggu malam. Setelah kami periksa, ternyata sudah ada puluhan warga yang datang ke puskesmas pembantu (pustu) yang ada di sekitar Kantor Desa Warnasari," kata Kades Wanasari Irwan Sudarmi seperti dikutip dari Antara, Senin (23/8/2021).

Awalnya, warga mendatangi pesta pernikahan yang digelar.

Usai menyantap hidangan yang disajikan, tidak ada warga yang mengeluhkan gejala keracunan seperti pusing, mual, muntah-muntah, maupun buang air secara tidak normal.

Tetapi, pada Minggu malam, warga yang yang menghadiri hajatan tersebut mulai mengalami gejala keracunan.

Ada sekitar 80 warga yang mengeluhkan pusing, mual, muntah, hingga kondisinya lemah.

Puskesmas yang berada di sekitar kantor desa setempat langsung dipadati warga yang mengalami gejala keracunan.

Dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan, mayoritas warga mengalami gejala keracunan ringan dan kondisi kesehatan sudah berangsur membaik.

"Dari hasil pendataan sementara ada 80 warga yang diduga keracunan. Mayoritas sudah kembali pulang dan kondisi kesehatannya berangsur membaik. Hanya ada beberapa saja yang kondisinya masih lemah dan sudah mendapatkan pemeriksaan dari petugas kesehatan," kata Irwan.

Irwan mengatakan, petugas kepolisian dan puskesmas sudah mengambil sampel makanan yang dihidangkan dalam hajatan tersebut.

Sampel akan diteliti untuk mengetahui penyebab utama dugaan keracunan massal ini.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/23/200138778/puluhan-orang-di-sukabumi-mengalami-keracunan-diduga-akibat-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke