Salin Artikel

Sering Masuk dan Rusak Kebun Warga, Gajah Kaesang dan Dodo Dievakuasi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi dua ekor gajah sumatera liar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau.

Gajah yang diberi nama Kaesang dan Dodo itu dievakuasi lantaran kerap masuk dan merusak perkebunan warga.

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau Andri Hansen Siregar mengatakan, evakuasi satwa dengan nama latin Elephas maximus sumatranus itu dilakukan pada sejak Rabu (18/8/2021) hingga Jumat (20/8/2021).

"Evakuasi dan translokasi dua ekor gajah jenis kelamin jantan dilakukan oleh tim gabungan BBKSDA Riau, Balai TNTN (Taman Nasional Tesso Nilo), kepolisian, TNI, pemerintah desa dan kecamatan serta dibantu pihak perusahaan," kata Andri dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

Dia menjelaskan, gajah Kaesang dan Dodo merusak tanaman di kebun warga Desa Semelinang Darat dan Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap, Inhu.

Perusakan kebun oleh dua gajah tersebut sudah berlangsung selama satu bulan.

"Sebelumnya kami telah beberapa kali melakukan upaya penggiringan ke habitatnya, namun belum berhasil. Selain itu, telah ditemukan beberapa barang yang diduga mengancam hidup gajah liar ini, sehingga perlu dilakukan langkah translokasi," kata Andri.

Upaya menggiring gajah liar, lanjut dia, dilakukan dengan mengerahkan tiga ekor gajah jinak di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, bernama Bangkin, Indah dan Yopi.

Proses evakuasi dan translokasi berjalan cukup lama.

Namun, upaya tersebut membuahkan hasil.

Kaesang dan Dodo akhirnya bisa dilepasliarkan dan bergabung dengan kelompoknya yang berada pada salah satu kantong Gajah yang ada di Provinsi Riau.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama melakukan upaya evakuasi dan translokasi dua gajah ini. Dan kita juga berterima kepada masyarakat karena tidak melakukan tindakan anarkis kepada gajah, yang merupakan satwa dilindungi," tutup Andri.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/22/194756878/sering-masuk-dan-rusak-kebun-warga-gajah-kaesang-dan-dodo-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke