Salin Artikel

Pemprov Kalbar Belum Terapkan Vaksinasi “Door to Door”, Ini Alasannya…

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson memastikan belum akan menerapkan vaksinasi door to door dalam waktu dekat ini.

Menurut Harisson, vaksinasi dari rumah ke rumah baru dapat dilaksanakan, jika capaian vaksin sudah mencapai 80-90 persen.

Sedangkan capaian vaksinasi Covid-19 di Kalbar baru 15,53 persen.

“Capaian kita di Kalbar baru 15,53 persen. Door to door itu dilaksanakan kalau capaian kita sudah mencapai 80-90 persen dari jumlah penduduk sasaran. Jadi kita sweeping supaya bisa 100 persen dengan cara door to door,” kata Harisson kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Harisson melanjutkan, vaksinasi rumah ke rumah tidak akan efektif jika sekarang dilakukan sekarang, karena akan kehabisan waktu dan tenaga.

“Petugas harus berkeliling, sudahlah dapatnya sedikit, juga akan menyita waktu banyak. Padahal sementara ini vaksinasi massal yang kita laksanakan selalu membludak. Jadi kita lakukam dulu yang kegiatan vaksinasi masal,” terang Harisson.

Diberitakan sebelumnya, Pesiden Joko Widodo meminta vaksinasi dari rumah ke rumah oleh Badan Inteijen Negara terus dilanjutkan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengantar pada rapat terbatas PPKM darurat 16 Juli 2021 yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, dilansir Kompas Nasional, Sabtu (17/7/2021).

Sementara itu, Kepala BIN Budi Gunawan dilansir Kompas Nasional, Rabu (14/7/2021) lalu, menyatakan, pihaknya sudah melakukan jemput bola untuk vaksinasi secara serentak pada Rabu (14/7/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan di 14 provinsi daerah episentrum dan menyasar 19.000 warga.

"Ada 15 kabupaten kota dan 32 titik," kata Budi yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Budi menyebutkan, provinsi yang jadi wilayah vaksinasi serentak adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/22/145558778/pemprov-kalbar-belum-terapkan-vaksinasi-door-to-door-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke