Salin Artikel

Meski Stok Tersedia, Capaian Vaksinasi Tiga Kabupaten di Kalbar Rendah

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menyebut, ada tiga kabupaten di Provinsi Kalbar yang memiliki capaian vaksinasi rendah.

Padahal stok vaksin sudah didistribusikan ke masing-masing daerah.

“Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Sanggau,” kata Harisson kepada wartawan, Sabtu (21/8/2021).

Harisson menjelaskan, Kabupaten Ketapang dengan sasaran 414.520 jiwa, baru melakukan vaksinasi dosis pertama 8,82 persen dan vaksinasi dosis dua, 6,12 persen.

Kemudian Kabupaten Sambas dengan sasaran 446.672 jiwa, tercatat baru melakukan vaksinasi dosis pertama 9,66 persen dan vaksinasi dosis kedua 6,73 persen.

Terendah ketiga, lanjut Harisson, Kabupaten Sanggau baru melakukan vaksinasi dosis pertama 9,71 persen dan vaksinasi dosis kedua 7,52 persen dengan sasaran 352.360 jiwa. 

“Ketiga kabupaten ini saya harap tidak malas melakukan vaksinasi kepada masyarakat, karena vaksin yang tersedia, harusnya sudah cukup untuk pelaksanaan vaksinasi,” ucap Harisson.

Dirincikan, hitungan di atas kertas, Kabupaten Ketapang ada stok sebanyak 14.166 dosis vaksin, Kabupaten Sambas 11.966 dosis vaksin dan Kabupaten Sanggau 11.716 dosis vaksin.

“Dosis yang tersedia ini saya rasa cukup banyak. Silakan habiskan secepatnya, jangan malas-malasan, kasihan masyarakat. Kita harus mengejar tercapainya herd imunity atau kekebalan kelompok, agar keluar dari pandemi,” tutup Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/21/154123378/meski-stok-tersedia-capaian-vaksinasi-tiga-kabupaten-di-kalbar-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke