Salin Artikel

Berusaha Kabur, Kapal Vietnam Terbakar dan Tenggelam di Natuna

KIA tersebut tenggelam saat akan ditangkap oleh petugas Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam, Selasa (17/8/2021).

Direktur Jenderal PSDKP Laksmana Muda TNI Aidin Nur mengatakan, KIA Vietnam yang terbakar dan tenggelam bernama TLKG 1843 TS dengan anak buah kapal (ABK) berjumlah 17 orang.

"Tapi keseluruhan ABK di kapal yang tenggelam itu berhasil diselamatkan oleh petugas patroli Kapal HIU 11 dan Kapal Orca 3 yang memang tengah berpatroli di perairan tersebut," kata Aidin melalui keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Aidin menuturkan, awalnya ada dua KIA yang diketahui melanggar batas wilayah dan masuk ke perairan Natuna untuk menangkap ikan.

Saat mengetahui kedatangan petugas, kedua kapal asing tersebut berusaha kabur ke wilayah perairan Vietnam yang berbatasan langsung dengan perairan Natuna.

"Namun saat pelariannya, kapal tersebut mengalami overheat dan terbakar. Kapal yang tenggelam itu merupakan kapal yang difungsikan untuk menyimpan ikan hasil tangkapan mereka," kata Aidin.

Aidin mengatakan, keberadaan kedua KIA pelaku illegal fishing ini berhasil diketahui dari pantauan radar kedua kapal milik PSDKP yang sedang melakukan patroli rutin.

Pihak PSDKP Batam juga berhasil mengamankan satu kapal lainnya yang bertugas sebagai kapal penangkap ikan.

Menurut keterangan para ABK, mereka sudah 4 kali masuk ke perairan Indonesia.

"Untuk kapal yang terbakar itu sudah hilir mudik keluar masuk perairan kita," kata Aidin.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/20/170704278/berusaha-kabur-kapal-vietnam-terbakar-dan-tenggelam-di-natuna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke