Salin Artikel

Ganti Beberapa Pejabat Pemprov, Gubernur Papua Sempat Menangis Saat Sambutan

Beberapa pejabat utama yang dilantik yakni Protasius Lobya sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) menggantikan Christian Sohilait, Debora Solossa sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, dr Anton Motte sebagai Direktur RSUD Jayapura menggantikan drg Aloysius Giai.

Usai melantik para pejabat itu, Gubernur Papua terlihat sangat emosional saat memberikan sambutan di hadapan para pejabat.

Beberapa kali, ia terdengar meninggikan suara dan sempat mengusap air mata saat memberikan sambutan.

Menurut Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus, sikap gubernur tersebut merupakan wujud kekecewaan terhadap kinerja jajarannya.

Khusus untuk RSUD Jayapura, kata Rifai, Lukas Enembe sudah berulang kali pergi ke rumah sakit secara diam-diam.

"Gubernur begitu tegas dan sedih dalam emosi karena beliau melakukan sidak beberapa kali di RSUD Jayapura dan merasakan betul proses pelayanan kepada masyarakat," kata Rifai di Gedung Negara, Jumat.

Pemprov Papua, kata dia, telah mengucurkan anggaran besar ke RSUD Jayapura yang merupakan rumah sakit rujukan utama. Hal itu menjadi perhatian Lukas.

Lukas Enembe tak ingin jajaran direksi RSUD Jayapura mengambil keuntungan dari hal tersebut.


"Gubernur ingin kucuran dana besar yang mengalir ke RSUD Jayapura sebagai rumah sakit pemerintah digunakan dengan baik untuk kepentingan pelayanan. Apalagi RSUD Jayapura adalah rumah sakit rujukan yang menjadi harapan semua Kabupaten/Kota di Papua," kata dia.

Sedangkan untuk penggantian Kepala DPPAD Papua, Lukas ingin pejabat yang bisa fokus mengelola pendidikan di Papua.

Saat ini, Christian Sohilait sedang tersangkut kasus hukum.

“Karena pendidikan salah satu bagian penting dalam amanah Undang-Undang Otonomi Khusus sehingga beliau mengganti pejabat agar lebih fokus pada dunia pendidikan,” kata Rifai.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/20/165756878/ganti-beberapa-pejabat-pemprov-gubernur-papua-sempat-menangis-saat-sambutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke