Salin Artikel

Wagub Audy Ikuti Langkah Gubernur Sumbar Serahkan Mobil Dinas Baru untuk Penanganan Covid-19

PADANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengikuti jejak Gubernur Mahyeldi dengan menyerahkan mobil dinas baru kepada Satgas Covid-19 untuk penanganan pandemi di Sumbar.

"Saya serahkan mobil dinas Wakil Gubernur kepada Satgas Covid-19 untuk dipergunakan sebaik-baiknya guna menangani pandemi di Sumbar," kata Audy dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Kamis (19/8/2021).

Penyerahan mobil dinas baru Audy itu hanya selang beberapa jam setelah Mahyeldi menyerahkan mobil dinasnya ke Satgas Covid-19 Sumbar.

Mobil dinas Hyundai Palisade yang baru digunakan untuk operasional selama sebulan terakhir itu diterima perwakilan Satgas Covid-19 Sumbar Mulyadi.

"Terima kasih Pak Wagub. Kami akan memanfaatkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumbar," kata Mulyadi.

Sebelumnya diberitakan, setelah mendapatkan kritikan soal mobil dinas baru di tengah pandemi, akhirnya Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi meminta maaf.

Selain minta maaf, Mahyeldi juga menyerahkan mobil dinas baru itu untuk operasional penanganan pandemi kepada Satgas Covid-19 Sumbar.

"Mencermati isu mobil dinas kepala daerah dalam dua hari ini, maka saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik," kata Mahyeldi kepada wartawan, Kamis (19/8/2021) di Padang.

Mahyeldi menyebutkan pembelian mobil dinas sudah dianggarkan sejak tahun 2020 sebelum dirinya terpilih jadi Gubernur.

Penganggaran ini, kata Mahyeldi diusulkan oleh DPRD Sumbar dan sudah sesuai prosedur dan mekanisme di pemerintahan.

Menurut Mahyeldi, mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah, maka untuk sementara waktu dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana.

"Mobil dinas baru yang disediakan oleh bagian rumah tangga sudah kita pakai sejak satu bulan yang lalu untuk kegiatan ke daerah yang di antaranya juga dalam rangka koordinasi penanggulangan Covid-19," kata Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan dalam rangka mempertegas komitmen untuk penanganan Covid-19 dan bukti kepeduliannya kepada masyarakat, maka mobil dinas baru tersebut dialihkan menjadi mobil operasional penanganan Covid-19.

"Arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf al Jufri, maka untuk sementara waktu saya akan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat," jelas Mahyeldi.

Apresiasi juga mempertanyakan

Sementara itu anggota DPRD Sumbar Nofrizon memberi apresiasi terkait penyerahan mobil dinas tersebut untuk penanganan Covid-19.

Hanya saja, menurut politisi Partai Demokrat itu mempertanyakan penyerahan itu baru sekarang dilaksanakan setelah dikritik.

"Kenapa sekarang? Setelah dikritik. Kenapa tidak sewaktu mobil itu datang diserahkan ke Satgas Covid-19. Namun demikian, saya tetap memberi apresiasi. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," kata Nofrizon.

Nofrizon menyebutkan Mahyeldi sudah mulai meniru keteladanan gubernur sebelumnya, Irwan Prayitno yang menggunakan mobil pribadi di tengah masyarakat kesusahan karena waktu itu usai dilanda gempa 30 September 2009.

"Mungkin beliau sudah meniru keteladanan Pak Irwan Prayitno. Kita apresiasi itu," kata Nofrizon.

Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar membeli mobil dinas baru di tengah pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran.

Dua mobil baru itu adalah Mitsubishi Pajero untuk Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Hyundai Palisade untuk Wagub Audy Joinaldy.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan, pembelian mobil baru dilakukan karena mobil dinas yang lama sudah rusak.

"Mobil lama sudah rusak, rem blong, enggak mungkin itu dipakai," kata Mahyeldi kepada Kompas.com usai rapat paripurna DPRD Sumbar, Senin (16/8/2021).

Selain itu, kata dia, pengadaan mobil juga telah dianggarkan di APBD 2021.

Pembelian itu dikritik anggota DPRD Sumbar Nofrizon serta anggota DPR RI Andre Rosiade karena tidak memiliki sense of crisis di tengah pandemi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/214425178/wagub-audy-ikuti-langkah-gubernur-sumbar-serahkan-mobil-dinas-baru-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke