Salin Artikel

Jokowi: Kalau Sudah Belajar Tatap Muka, Jangan Lupa Pakai Masker

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berpesan kepada para pelajar sekolah agar tetap memakai masker saat pertemuan tatap muka di sekolah sudah dapat dilakukan. 

Pesan itu disampaikan Jokowi saat memantau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar di beberapa daerah di Indonesia, secara virtual di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Jokowi menyampaikan hal tersebut menanggapi curhat Ketua OSIS SMAN 5 Pekanbaru, Tengku Baihaqi, yang mengeluhkan selama pandemi tidak bisa melaksanakan program kerja karena belum dapat sekolah tatap muka.

"Saya titip semua pada anak-anak tetap belajar, daring tetap belajar, tapi kalau nanti pas bisa sudah tatap muka, pakai masker jangan dilupakan," kata Jokowi, seperti dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi memiliki harapan para pelajar bisa dapat belajar tatap muka kembali.

Presiden Jokowi mengingatkan agar semua tetap waspada saat dibuka pembelajaran tatap muka ada yang terpapar Covid-19.

Presiden meminta keharusan semuanya tetap memakain masker, meski sudah divaksin.

"Karena yang namanya Covid, virus corona ini selalu bermutasi, dulu kita enggak nyanga kita pikir hanya ada varian yang pertama, tahu-tahu keluar varian yang delta, yang sangat-sangat menular sekali," ujar Jokowi.

Dalam kegiatan itu, Presiden menggelar tatap muka secara daring dengan perwakilan daerah yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan, Jawa Tengah, DIY, Riau, Banten.

Kepala Sekolah SMAN 5 Pekanbaru, Riau, Elmi Gurita, dalam acara tersebut juga sempat menangis saat menyampaikan kerinduan mereka untuk menggelar pembelajaran tatap muka.


Awalnya, Elmi menyampaikan apresiasi terhadap Badan Intelejen Negara yang sudah menyelenggarakan vaksinasi bagi anak-anak SMA di Pekanbaru.

Tak berapa lama kemudian, Presiden Jokowi menanyakan sudah menggelar tatap muka atau sebaliknya.

“Sudah tatap muka, Bu,” tanya Jokowi.

Mendengar pertanyaan itu, Elmi mengungkapkan kerinduannya untuk menggelar pendidikan dengan tatap muka sambil menangis.

"Belum, Pak. Kami sebenarnya sudah rindu dengan anak-anak kami, Pak. Kami sudah ingin untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini, kita bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, dengan kondisi anak-anak kami sehat wal afiat,” kata Elmi secara daring.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/203125978/jokowi-kalau-sudah-belajar-tatap-muka-jangan-lupa-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke