Salin Artikel

Pasutri Turun dari Motor dan Hormat Bendera Saat Melintas di Depan Polsek, Tak Menyangka Akan Dapat Hadiah

Sayangnya, banyak pengendara yang cuek dan tidak menghiraukan aba-aba yang diberikan polisi.

Namun, pasangan suami istri yang melintas mengendarai sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi S 5876 ST, terlihat berhenti. Mereka turun dari motor dan mengambil sikap sempurna, memberi penghormatan.

Pasutri itu bernama Bayu Afirul (22) dan Winda Nilam Sari (21). Usia pernikahan mereka belum genap satu bulan.

Bayu merupakan warga Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Sementara Winda merupakan warga Desa Parengan, Kecamatan Jetis, Mojokerto.

Winda mengatakan, peristiwa itu terjadi saat mereka pulang mengunjungi kediaman orangtua suaminya di Desa Cangkir, Driyorejo.

"Itu pas mau pulang setelah berkunjung dari rumah mertua. Tiba-tiba ada polisi beri aba-aba, agar pengendara mau (berkenan) berhenti. Banyak pengendara lain yang cuek, tapi saya dan suami berhenti," ujar Winda saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Awalnya, Winda dan Bayu heran. Mereka menduga polisi sedang melakukan razia lalu lintas.

Namun, setelah mematikan sepeda motor, mereka mendengar arahan petugas. Pasangan suami istri itu lalu mengambil sikap sempurna dan memberi hormat kepada bendera Merah Putih.

"Saya pikir awalnya itu mau ditilang, tapi setelah petugas memberitahu bahwa itu detik-detik proklamasi, maka saya dan suami lalu memberikan hormat. Ini juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan," kata Winda.


Sementara itu, Bayu juga tak menyangka sikap hormat yang dilakukan bersama sang istri mendapat apresiasi dari polisi.

Ia mengaku ikhlas memberi hormat kepada bendera Merah Putih. Tak berbeda dengan Winda, Bayu juga sempat menduga akan ditilang polisi.

"Sama seperti istri, saya pikir awalnya juga mau ditilang sama Pak Polisi. Tapi begitu diberitahu itu 17-an (tanggal 17 Agustus), saya dan istri langsung beri hormat. Eh enggak tahunya malah dapat hadiah. Padahal jujur, kami ikhlas melakukannya," ucap Bayu.

Atas sikap hormat yang diberikan pasangan suami istri itu, Polsek Driyorejo memberi hadiah sebagai bentuk apreasiasi. 

Polsek Driyorejo telah mengundang pasangan suami istri yang belum genap sebulan menikah itu ke Mapolsek untuk mengambil hadiah yang telah disiapkan.

"Kami sudah menghubungi mereka, tapi belum bisa saat ini. Sebab sekarang masih kerja, dan besok katanya mau menjalani vaksinasi. Tapi kami sudah atur jadwal, dan hadiahnya sudah kami siapkan," tutur Kanitlantas Polsek Driyorejo Ipda Tasmani.

Tasmani mengaku, hadiah yang disiapkan itu sebagai bentuk apresiasi karena pasangan suami istri itu telah menunjukkan jiwa nasionalisme saat memberi hormat kepada bendera Merah Putih.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/154612478/pasutri-turun-dari-motor-dan-hormat-bendera-saat-melintas-di-depan-polsek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke