Salin Artikel

Kantor Pos Kemalingan, Dana Bansos Tunai Puluhan Juta Rupiah Ikut Raib

BLITAR, KOMPAS.com - Dana bantuan sosial tunai (BST) untuk puluhan warga Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, terancam mundur penyalurannya.

Sebab, dana BST sebesar Rp 27 juta yang disimpan di brankas Kantor Pos Cabang Wlingi di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, ikut raib.

Total uang yang dibawa kabur pencuri dari brankas tersebut sebesar Rp 45,9 juta.

Kapolsek Wlingi AKP Imam Subechi mengatakan, pencurian terjadi antara Selasa (17/8/2021) malam hingga Rabu dini hari.

"Karena hilangnya isi brankas ini diketahui oleh kepala cabang pada Rabu (18/8/2021) pagi," ujar Imam kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).

Menurut Imam, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kantor Pos Wlingi, Deni Meiarso, membuka brankas perusahaan pada Rabu pagi, tetapi mengalami kesulitan.

Kunci brankas yang biasa digunakan, lanjut Kapolsek, tidak dapat dipakai untuk membuka brankas sehingga brankas dibuka paksa dengan bantuan tukang kunci.

Pada saat brankas terbuka, kata dia, isi brankas sudah kosong.

"Keterangan yang kami terima, total uang yang hilang dari brankas Rp 45,9 juta dan itu termasuk dana BST Rp 27 juta," ujar Imam.


Selain dana BST, kata dia, terdapat dana kas perusahaan sebesar Rp 18.900.000.

Imam mengatakan, polisi masih menyelidiki kasus pencurian tersebut.

Namun, berdasarkan olah tempat kejadian, terdapat kerusakan pada ventilasi dinding ruang dimana brankas tersebut berada.

"Dugaan sementara, pelaku masuk melalui lubang ventilasi yang dirusak," ujar dia.

Imam belum dapat memberikan keterangan lebih jauh terkait ada tidaknya kemungkinan tindak pencurian tersebut melibatkan orang dalam.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Cabang Wlingi belum merespons pertanyaan wartawan apakah hilangnya dana BST akan mengganggu jadwal penyaluran dana BST ke penerima.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/133107978/kantor-pos-kemalingan-dana-bansos-tunai-puluhan-juta-rupiah-ikut-raib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke