Salin Artikel

Pengacara Bahar bin Smith: Tidak Benar Klien Saya Ada Utang Rp 10 Juta ke Ryan Jombang

Hal itu ia katakan setelah menemui pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas llA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (18/8/2021) malam.

Ia mengatakan, memang perselisihan di dalam itu bermula karena uang. Namun, jumlahnya hanya sedikit.

Ichwan juga mengaku tak tahu menahu asal muasal uang tersebut.

"Kalau itu (muasal uang) kita enggak tahu, namanya tahanan kan mereka mungkin punya kegiatan lain aktivitas untuk makan, bisa beli apa. Jadi uangnya itu enggak Rp 10 juta seperti kabar beredar, tapi jumlahnya kecil, mungkin hanya Rp 300.000 sampai Rp 500.000," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan, kasus tersebut sudah diselesaikan secara baik-baik. Bahkan, keduanya sudah saling memaafkan lewat surat perdamaian yang dibuat pihak internal lapas.

Ia memastikan bahwa keributan yang terjadi di dalam lapas tersebut juga merupakan kasus lama yakni terjadi pada Sabtu (14/8/2021).

"Saya sudah ketemu dengan Kalapas, kita diskusi dan ternyata sudah diselesaikan masalah ini dari 2-3 hari yang lalu. Tapi baru viral kemarin, padahal kejadiannya sudah berlangsung dari hari Sabtu (14/8), sudah lewat berapa hari tuh," kata dia.

"Kemudian ada lagi hari Senin, peristiwanya itu berangkaian, tapi memang sudah diselesaikan baik-baik kok, tidak ada masalah. Jadi karena sudah diselesaikan, saya pikir tidak perlulah berkomentar soal kronologis detailnya," sambung dia.

Saat ditanya apakah perkelahian itu mengakibatkan luka pada Ryan Jombang, Ichwan menilai bahwa semua bisa terjadi terhadap siapapun di dalam Lapas.

Yang jelas, ia menyebut bahwa perselisihan itu sudah dimediasi oleh Kalapas.

"(Menyikapi tanggapan Ryan terluka) kalau versi kami itu sudah diselesaikan semuanya, sudah tuntas dimediasi oleh Kalapas. Sudah tidak ada apa-apa di antara kita. Baik Ryan maupun Habib Bahar," terangnya.

"Kan memang biasa di lapas tuh, kalau ada perselisihan ya langsung didamaikan internal,"imbuhnya.


Saat ini, Bahar ditahan atas kasus penganiayaan terhadap dua remaja dengan vonis 3 tahun penjara dan penganiayaan sopir taksi online dengan vonis 3 bulan penjara. Ia juga baru menerima remisi kemerdekaan selama tiga bulan.

Diberitakan sebelumnya, Bahar bin Smith terlibat perselisihan dengan Ryan Jombang di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas llA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Lapas Khusus Kelas llA Gunung Sindur, Mujiarto mengatakan bahwa perselisihan itu terjadi lantaran masalah uang yang melibatkan Bahar dan Ryan Jombang.

"Iya terkait uang," kata Mujiarto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/115102778/pengacara-bahar-bin-smith-tidak-benar-klien-saya-ada-utang-rp-10-juta-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke